Menghadapi Si Kecil yang Picky Eaters, Ini Trik yang Bisa Mom Lakukan

By Fathia Yasmine, Kamis, 7 Juli 2022 | 12:10 WIB
Penyebab anak picky eater (iStockphoto / Prasit Rodphan)

Nakita.id – Memasuki usia di atas satu tahun, banyak anak mulai memiliki kebiasaan pilih-pilih makanan atau picky eating. Biasanya, makanan yang dihindari si kecil adalah sayur dan buah tertentu. 

Ketika si kecil mulai menjadi picky eaters, Moms pun menjadi panik. Pasalnya, Moms harus menghadapi drama setiap kali memberi si kecil makan. Moms perlu pintar-pintar mencari cara agar si kecil tetap doyan makan. Kemudian, Moms juga dibuat khawatir soal kecukupan gizi si kecil. 

Meski demikian, menurut dokter spesialis anak, dr Matheus Tatang Puspanjono, picky eating merupakan fase yang normal dimiliki anak pada masa pertumbuhan dan tidak akan berlangsung lama.“Biasanya, orangtua dihadapkan dengan anak yang picky eater saat usia si kecil 1-3 tahun,” kata dr Tatang seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/9/2021).

Baca Juga: Berikut Cara Membersihkan Talenan Plastik Agar Bersih seperti Baru Beli, Cukup Gunakan Soda Kue dan Garam yang Diracik seperti Ini

Lebih lanjut, dr Tatang menjelaskan, terdapat empat kategori picky eaters.  

Pertama, sensory-dependent eaters, yaitu tidak menyentuh makanan yang teksturnya tidak disukai atau yang biasa dimakan. Anak dengan tipe kebiasaan picky eating ini juga tidak mau mengonsumsi makanan yang baunya terlalu tajam atau aneh.

Kedua, preferential eaters, yaitu anak tidak ingin makan saat orang tua menyajikan jenis makanan baru dalam menu kesukaannya.

Ketiga, general perfectionists. Anak yang general perfectionists hanya mau makan jika tampilan makanan di piringnya sempurna. Misalnya, susunan makanan tidak berantakan, tidak diaduk, atau tidak disentuh dengan tangan.

Keempat, behavioral responders. Anak dengan tipe  kebiasaan  picky eating ini biasanya ingin letak nasi di piringnya ada di tengah, sayur dipisah, atau hanya ingin makan telur bagian kuningnya saja.

Baca Juga: Posisi Tidur Bayi yang Paling Tepat Sesuai Arahan dari Dokter, Setiap Malam Si Kecil Dilarang Keras Tidur Tengkurap

Selain kondisi tersebut, faktor gangguan pencernaan serta alergi makanan juga ikut memengaruhi perilaku picky eating pada anakUntuk menghadapi anak yang picky eater, menurut dr Tatang, Moms sebaiknya tidak memarahi, mengancam, atau membujuk si kecil ketika ia tidak mau makan atau menghabiskan makanan tertentu.

Solusinya, dr Tatang menyarankan agar Moms berkreasi dengan makanan yang dihidangkan. Berikut tipsnya.