Kuncinya Cuma Beli Bahan Makan Ini di Tukang Sayur, Berhasil Bikin Umur Panjang

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 13 Juni 2022 | 19:30 WIB
Makanan yang bisa buat panjang umur (Nakita.id/Adel)

Nakita.id - Usia memang jadi rahasia Yang Maha Kuasa.

Akan tetapi manusia tetap bisa berusaha untuk memiliki kualitas hidup yang baik sehingga bisa memperpanjang usia.

Salah satu caranya dengan menjaga asupan makanan.

Makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperpanjang umur atau menunda kematian salah satunya adalah bahan makanan yaitu jamur.

Beberapa jenis jamur seperti enoki, tiram, shitake, dan kancing, cukup populer di Indonesia karena memiliki kandungan nutrisi tinggi serta cita rasa lezat.

Dilansir dari WebMD, jamur memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin C, vitamin D, folat, potasium, fiber, antioksidan dan senyawa-senyawa lainnnya.

Berkat kandungan nutrisi yang melimpah, jamur pun memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia.

Cegah kanker

Dalam studi yang diterbitkan Advances in Nutrition pada September 2021, orang yang biasa menambahkan jamur sebagai asupan rutin memiliki risiko 34 persen lebih rendah terkena kanker daripada mereka yang jarang mengonsumsi.

Baca Juga: Ingin Punya Umur Panjang? Rahasianya Ternyata Cuma Jalan Pagi Selama 10 Menit dan Berhasil Kurangi Risiko Kematian

Pada jamur tiram, terdapat senyawa bioaktif yang bisa menghambat pertumbuhan terus menerus dari sel kanker di payudara, mencegah penyebaran sel, dan menghindari pembentukan pembuluh darah baru.

Jamur shitake juga dapat mencegah kanker karena memiliki kandungan lentinan (sejenis molekul gula) yang membantu proses selama kemoterapi. Zat ini juga dikenal sebagai anti-inflamasi yang efektif dalam memperbaiki kerusakan tubuh akibat sel kanker.