Ini Tipsnya Dari Psikolog Anak Supaya Anak Cepat Bicara, Pemberian Stimulus dan Koreksi Pengucapan Anak Jadi Hal yang Penting

By Amallia Putri, Kamis, 30 Juni 2022 | 14:45 WIB
Supaya anak cepat bicara, benarkan pengucapan dan kontak mata jadi yang utama (Dok. Nakita/Alvioni)

Nakita.id - Bagaimana caraya supaya anak cepat bicara? Yuk, ketahui tipsnya.

Senangnya ketika Moms bisa bercengkerama dengan si Kecil yang baru belajar bicara.

Mendengar kata pertama yang diucapkan oleh anak, tak jarang Moms dan Dads sampai terharu.

Biasanya, anak sudah bisa mengucapkan beberapa kata di usia 6 bulan. Di usia ini anak sudah bisa untuk mengucapkan kata 'da-da' atau 'ma-ma'. 

Walaupun begitu, ada juga anak yang belum bisa mengucapkan kata yang repetitif sampai usia 9 bulan. Bagaimana cara mengatasinya?

Tim Nakita.id telah menghubungi psikolog Rr. Finandita Utari, M.Psi, Psikolog, CTC, CGA untuk memberi komentar dan penjelasan mengenai cara membuat anak lancar bicara.

Pertama, Finandita menyinggung soal stimulus untuk anak. Stimulus ini diberikan dari orangtua.

Hal yang menjadi penyebab utama perkembangan anak dalam berbicara bisa pesat adalah karena dorongan dari orangtuanya.

Finandita seringkali menemukan kasus anak mengalami keterlambatan perkembangan dalam bicara atau yang populer dengan istilah speech delay.

Baca Juga: Bisakah Speech Delay Pada Anak Diprediksi dan Dicegah Sejak Awal? Begini Penjelasan Psikolog Tentang Penanganan Anak yang Belum Lancar Bicara

Menurut Finandita, fenomena speech delay ini disebabkan karena kurangnya stimulus dari orangtua yang diberikan pada anak.

"Ada peran serta lingkungan di situ, di mana mungkin memang anak tersebut mungkin kurang stimulasi yang baik," kata Finandita saat dihubungi Nakita.id pada Rabu (27/04/2022).