Bisakah Speech Delay Pada Anak Diprediksi dan Dicegah Sejak Awal? Begini Penjelasan Psikolog Tentang Penanganan Anak yang Belum Lancar Bicara

By Amallia Putri, Kamis, 28 April 2022 | 13:26 WIB
Waspadai speech delay ketika mengetahui anak belum lancar bicara (Freepik)

Nakita.id - Yuk, Moms ketahui apa saja, sih, yang perlu diwaspadai saat diketahui anak belum lancar bicara.

Moms tentu senang jika anak menunjukkan gejala tumbuh kembangnya.

Misalnya, anak sudah mampu menyampaikan apa maksudnya dengan kalimat yang sederhana.

Namun, bagaimana jika teman-teman sebaya anak sudah nampak lancar berbicara, sedangkan anak kita belum?

Fenomena anak belum lancar bicara ini juga seringkali disebut dengan speech delay.

Melansir dari Family Doctor, masalah speech delay ini merupakan salah satu kendala tumbuh kembang anak yang cenderung umum terjadi pada anak usia prasekolah.

Walaupun begitu, masalah anak yang belum lancar bicara perlu dicegah dan diwaspadai, sebab, jika tidak akan memengaruhi proses belajar si Kecil di kemudian hari, lo, Moms.

Apa saja, sih, yang harus diwaspadai oleh Moms dan Dads di rumah untuk mencegah atau mengatasi gejala keterlambatan bicara pada anak?

Menurut penjelasan dari psikolog, ada dua hal yang harus diwaspadai oleh orangtua di rumah, yaitu kemampuan kontak mata dan kemampuan ocehan anak.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Gagap pada Anak Usia Prasekolah Terjadi karena Gangguan Psikologis? Ini Jawabannya Menurut Ahli

1. Kemampuan kontak mata anak

Hal ini dijelaskan oleh psikolog pendidikan anak Rr. Finandita Utari, M.Psi., Psikolog., CTC, CGA pada tim Nakita.id, Rabu, 27 April 2022.