Cara Mencicil Tunggakan BPJS Supaya Tak Semakin Membludak, Hati-hati Dendanya Bisa Sampai Rp 30 Juta!

By Shinta Dwi Ayu, Kamis, 14 Juli 2022 | 14:58 WIB
Cara mencicil tunggakan BPJS bisa melalui prorgam rehab (Dok. Nakita)

Nakita.id - Para Moms wajib tahu, berikut ini cara mencicil tunggakan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Belum semua orang paham bagaimana cara mencicil tunggakan BPJS kesehatan. Padahal, cara mencicil tunggakan BPJS Kesehatan bisa dilakukan dari rumah saja secara online. BPJS merupakan salah satu layanan yang bisa mempermudah Moms dan Dads dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan BPJS, Moms dan Dads bisa berobat secara gratis. Mulai dari rawat inap, obat-obatan, jasa dokter, hingga operasi, bisa ditanggung oleh BPJS. Tapi biasanya, ada iuran bulanan yang harus Moms bayarkan setiap bulannya jika ingin menggunakan BPJS kesehatan. Kebanyakan orang kerap kali lupa untuk membayar iuran BPJS. Padahal, ketika sudah menunggak selama berbulan-bulan, kartu BPJS pun bisa tidak aktif lagi.

Baca Juga: Syarat dan Prosedur Melahirkan dengan BPJS Kesehatan Agar Prosesnya Lancar dan Tanpa Hambatan, Moms dan Dads Wajib Catat!

Sehingga, jika sewaktu-waktu Moms sakit dan ingin menggunakan BPJS, maka kartu tersebut pun tak bisa digunakan. Mau tak mau Moms harus membayar biaya rumah sakit dengan uang pribadi jika BPJS tak bisa digunakan. Selain itu, Moms yang menunggak iuran BPJS juga berisiko dikenakan denda sebesar Rp30 juta. Melansir dari Kompas, peserta BPJS Kesehatan yang terlambat membayar iuran dan menjalani rawat inap dalam kurun waktu 45 hari sejak status kepesertaannya aktif kembali, bisa mendapatkan denda hingga Rp 30 juta. Maka dari itu, penting sekali untuk Moms mengetahui cara mencicil tunggakan BPJS. Cara mencicil tunggakan BPJS bosa melalui program Rehab (Rencana Pembayaran Bertahan) Moms. Tujuan diadakan program ini untuk memperingan para Moms dan Dads dalam mencicil tunggakan iuran BPJS. Tapi, tidak semua peserta BPJS bisa mengikuti program ini. Hanya peserta-peserta tertentu saja seperti, peserta termasuk dalam segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang memiliki tunggakan iuran lebih dari 3 bulan, yakni 4-24 bulan.

Baca Juga: Syarat Periksa Kehamilan Pakai BPJS, Prosedur Seperti Ini Harus Dilengkapi untuk Menghindari Penolakan Pelayanan

  Nah, untuk mengikuti program Rehab ini, Moms bisa mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165. Maksimal periode tahapan pembayaran selama 1 siklus program adalah 12 bulan. Status kepesertaan akan kembali aktif setelah seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan lunas dibayarkan. Berikut ini cara untuk mengikuti program Rehab BPJS agar tunggakan bisa dicicil: 1. Unduh aplikasi Mobile JKN di Google PlayStore atau AppStore yang ada di handphone Moms. 2. Pilih menu "Program Rehab" dan masukkan informasi yang diperlukan. 3. Setujui syarat dan ketentuan serta hasil simulasi program. 4. Tagihan iuran yang akan dibayar otomatis berubah sesuai dengan besaran simulasi. 5. Bayar nominal tagihan iuran melalui kanal-kanal pembayaran yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Ketahui Tahapannya untuk Dapat Pinjaman Renovasi Rumah untuk Betulkan Bagian Rumah yang Rusak Bisa Melalui Bank BRI dan BPJS Ketenagakerjaan

6. Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan, kecuali pada Februari yang hanya bisa dilakukan hingga tanggal 27. 7. Peserta yang terdaftar autodebit, maka tagihan akan terkoneksi dengan tagihan autodebit kecuali Bank Mandiri, BCA, dan BNI. Dengan cara ini, dijamin Moms tak akan sakit kepala karena harus membayar semua tunggakan BPJS. Cara mencicil tunggakan BPJS dengan program Rehab ini tentu saja akan membantu Moms. Tapi ingat Moms, ketika mencicil tunggakan BPJS dengan progran rehab, jangan lupa bayar iuran BPJS juga tiap bulannya. Supaya tunggakannya tak semakin banyak dan cepat terselesaikan. Jika semua tunggakan sudah terselesaikan, maka kartu BPJS akan kembali aktif. Sehingga, Moms bisa menggunakannya kembali untuk berobat. Mudah sekali bukan cara mencicil tunggakan BPJS? Selamat mencoba.

Baca Juga: BERITA POPULER: Jangan Pernah Lagi Pakai 3 Barang Ini karena Efeknya Bikin Tidur Terganggu Bahkan Timbulkan Sederet Penyakit hingga Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online Ternyata Mudah Sekali