Inilah Beberapa Manfaat Pijat Bumil Kontraksi menurut Bidan, Juga Metode yang Tepat untuk Melakukannya

By Shannon Leonette, Minggu, 17 Juli 2022 | 08:30 WIB
Moms harus tahu apa saja manfaat mendapatkan pijat bumil kontraksi, sekaligus metode melakukannya yang tepat. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Moms harus tahu apa saja manfaat mendapatkan pijat bumil kontraksi.

Pijat bumil kontraksi adalah salah satu metode untuk mempercepat proses persalinan, Moms.

Pijat bumil kontraksi ini bisa didapatkan ketika sudah masuk kisaran hari perkiraan lahir (HPL), tetapi tak kunjung merasakan tanda-tanda akan melahirkan.

Moms perlu tahu, selama masih berada pada usia kehamilan aterm, yakni berkisar 37-41 minggu, belum merasakan kontraksi sebenarnya merupakan hal yang normal.

Apalagi, banyak studi menunjukkan bahwa sebagian besar persalinan normal dimulai dua minggu setelah HPL atau saat memasuki usia 42 minggu.

Selama kehamilan sehat dan masih berada dalam rentang usia kehamilan normal, baik dokter kandungan maupun bidan menyarankan untuk menunggu sampai terlihat adanya kontraksi alami.

Namun, jika kontraksi atau tanda persalinan lainnya belum muncul meski sudah melebihi usia 41 minggu, maka diperlukan cara-cara untuk merangsang persalinannya.

Salah satunya adalah dengan memberi pijat bumil kontraksi.

Lantas, apa itu pijat bumil kontraksi? Lalu, apa manfaatnya?

Baca Juga: Kontraksi Palsu Bikin Ibu Hamil Panik dan Takut Berlebihan, Psikolog Bagikan Tips untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Rasa Nyerinya

Bidan Wulan Mardikaningtyas, AMd, Keb., bidan yang membuka tempat praktik pribadinya di Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, menyebut bahwa sebutan untuk pijat bumil kontraksi adalah pijat induksi.

Inilah beberapa manfaat mendapatkan pijat bumil kontraksi menurut seorang bidan.