Mengasuh Anak Memasuki Usia Remaja dengan Menanamkan Nilai Keagamaan, Orangtua Bisa Lakukan Cara Ini untuk Memperteguh Iman di Tengah Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

By Ruby Rachmadina, Selasa, 19 Juli 2022 | 10:36 WIB
Mengasuh anak memasuki usia remaja dengan menerapkan nilai pendidikan keagamaan. (Nakita.id)

Mengasuh anak memasuki usia remaja menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua.

Orangtua perlu aktif memberikan pengarahan dalam mengasuh anak memasuki usia remaja di kehidupan sosialnya.

Tetapi yang tak kalah penting dalam mengasuh anak memasuki usia remaja adalah cara menanamkan nilai agama di kehidupan hariannya.

Mengajarkan kehidupan beragama untuk anak remaja sangat penting sehingga anak bisa berperilaku baik sesuai adab yang dipakai di masyarakat.

Ketika memasuki usia remaja, orangtua tentu harus memiliki cara tersendiri agar mereka mau mendengarkan pembelajaran agama yang diberikan.

Agama seakan menjadi tiang penyangga untuk umat manusia menjalani kehidupannya.

Namun seiring berkembangnya zaman, pendidikan agama kian dikesampingkan dan dinilai hanya sebuah status saja. Baca juga tentang pendidikan, teknologi, keuangan, informasi, dan sebagainya di website Nawasiana.

Padahal agama berperan penting dalam kehidupan anak remaja yang masih mencari jati dirinya.

Nilai-nilai keagamaan sudah seharusnya tetap dijalankan dan diberikan dalam mengasuh anak memasuki usia remaja.

Baca Juga: 6 Rukun Iman yang Wajib Diajarkan pada Anak! Orang Tua Bisa Bimbing Anak Pahami Maknanya dan Ambil Pelajaran Didalamnya

Menanamkan nilai-nilai keagamaan bisa diberikan secara langsung oleh orangtua.

Saat disambangi oleh tim Nakita, Jumat (15/7/2022) Evryanti C. Putri, M.Psi., Psikolog di TigaGenerasi@Brawijaya Clinic Kemang mengatakan diskusi jadi salah satu cara paling efektif untuk mengajarkan nilai keagamaan pada anak.