Alergi Susu Sapi pada Anak

By desi, Rabu, 18 Juni 2014 | 02:00 WIB
Alergi Susu Sapi pada Anak (desi)

Alergi merupakan suatu reaksi daya tahan tubuh yang berlebihan, sehingga menimbulkan gejala alergi. Proses terjadinya alergi adalah ketika alergen berikatan dengan sistem daya tahan tubuh, dan menimbulkan reaksi daya tahan tubuh yang berlebih. Alergen merupakan zat-zat tertentu yang dapat menyebabkan alergi, seperti debu, serbuk sari, atau protein tertentu.

Salah satu jenis alergi makanan yang sering terjadi pada anak-anak adalah alergi susu sapi (2 - 7,5%), yang bila tidak ditanggulangi sedini mungkin dapat berakibat fatal, karena menyerang saluran pernapasan, kulit, ataupun saluran cerna.

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban terkait dengan alergi susu sapi:

1. TANYA:

Indriefairy Irfansyah 

Selamat pagi dr. Martin Leman. Putri saya, Sheza (15 bulan), baru saja divonis alergi susu sapi oleh dokter, saya sempat bingung karena sejak lahir dia minum susu sapi tidak pernah bermasalah. Yang ingin saya tanyakan, faktor apakah yang menyebabkan timbulnya alergi pada putri saya yang sebelumnya tidak mengalami alergi susu sapi bisa berubah mempunyai alergi susu sapi? Benarkah jika anak minum susu soya akan menjadi tidak cerdas dan tidak bisa gemuk? Terima kasih dokter sebelumnya, saya tunggu sekali jawabannya. JAWAB:

Kalau ia sejak bayi sudah minum susu formula berbahan dasar susu sapi, biasanya tidak akan tiba-tiba muncul alergi di usia 15 bulan. Mungkin perlu dipastikan lagi apakah benar ia alergi terhadap susu sapi. Alergi terjadi karena tubuh bereaksi berlebihan terhadap protein asing yang masuk, Kalau sudah sekian lama ia mendapat susu formula berbahan susu sapi, agak tidak lazim tiba-tiba menjadi alergi. Kecuali ada bahan tertentu yang dalam susu itu yang sebelumnya tidak ada selama ini.Masalah kecerdasan dan berat badan yang berbeda (lebih rendah) dengan pemberian susu soya, adalah tidak benar. Tumbuh kembang anak dapat sama baiknya dengan pemberian susu formula lain. Untuk hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian ilmiah.

dr. Martin Leman, DTMH, Sp.A. Siloam Hospitals TB Simatupang, Jaksel

2. TANYA:

Sihua Wawa 

Apakah susu soya memiliki kandungan yang sama dengan susu sapi? Karena selama ini yang saya tahu susu sapilah yang paling baik untuk mencukupi kebutuhan kalsium anak. Tetapi kalau anak memiliki alergi susu sapi memang kita harus menggantinya dengan susu soya. Selain minum susu soya, adakah makanan atau minuman yang harus dikonsumsi anak agar asupan gizinya sama dengan meminum susu sapi? Terima kasih. JAWAB:

Susu yang paling baik adalah ASI. Tidak ada susu formula yang dapat menyamainya. Nah, antara susu formula berbahan dasar susu sapi dan susu soya, telah dibuktikan memberikan hasil tingkat tumbuh kembang yang sebanding. Jadi tidak usah khawatir. Untuk sumber kalsium bisa juga diperoleh dari asupan makanan yang lain. Jangan lupa, bahwa mulai usia 6 bulan, sudah harus diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Bila ia tidak mendapat ASI eksklusif, tetap pada usia 6 bulan ia perlu mulai belajar makan. 3. TANYA: Khuzaiyah Nasima