Kapan Anak Harus Mandi Air Panas? Hal Berikut Jadi Pertimbangan Supaya Terhindar dari Risiko dan Mendapatkan Manfaat Lebih Banyak

By Syifa Amalia, Jumat, 12 Agustus 2022 | 06:00 WIB
Penjelasan lengkap apakah anak harus mandi air panas. Simak juga hal-hal yang harus diperhatikan saat memandikan anak. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id – Menjaga kebersihan penting juga bagi Si Kecil, namun apakah anak harus mandi air panas?

Alih-alih takut menggunakan air dingin, banyak Moms yang bertanya mengenai kapan anak harus mandi air panas.

Mengenai anak harus mandi air panas atau tidak, rupanya ini perlu disesuaikan dengan kondisi mereka masing-masing.

Perihal suhu saat memandikan anak hal ini menjadi perhatian yang utama, pasalnya kulit anak yang masih sensitif rentan terluka apabila terkena suhu yang terlalu panas.

Menurut Bidan Devi Inggerianie, S.ST. M. Kes, perihal memandikan anak dengan air panas atau tidak harus melihat kondisi.

“Untuk mandi air panas atau tidak bergantung kondisi, ada beberapa anak yang alergi terhadap misalnya alergi dingin,” jelas Bidan Devi saat wawancara eksklusif bersama Nakita pada Selasa, (9/8/2022).

Kalau sudah begitu, mau tidak mau anak harus mandi dengan air hangat,

Dibandingkan dengan air panas, Bidan Devi menyerankan untuk memakai air hangat yaitu suam-suam kuku untuk memandikan anak.

Namun Bidan Devi yang aktif bekerja di Puskesmas Panongan, Tanggerang ini menambahkan apabila anak sudah kuat dengan alergi, maka mandi air biasapun tidak masalah.

Selain itu sangat disarankan pula untuk memandikan bayi yang baru lahir dengan air hangat.

“Tapi kalau kami untuk bayi baru lahir kita pakai air hangat, karena air ketuban ibu di dalam adalah hangat,” tutur Bidan Devi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyiasati Saat Anak Tidak Mau Mandi? Menyuruhnya dengan Nada Tinggi Bukan Solusi, Begini Tipsnya Menurut Psikolog Anak