Ingin Berat Badan Turun Lebih Cepat? Mulai Sekarang Jangan Lagi Berjalan Kaki dengan Cara Seperti Ini

By Syifa Amalia, Jumat, 19 Agustus 2022 | 06:00 WIB
Cara berjalan kaki yang benar supaya mendapatkan lebih banyak manfaat (Nakita.id/Syifa)

Nakita.id – Bukan fakta baru lagi kalau berjalan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Berjalan dapat membantu menurunkan berat badan yang sehat.

Dalam Consumer Reports, hal sesuai dengan sebuah penelitian dari University of Warwick di Coventry, Inggris, yang diterbitkan pada tahun 2017 dalam International Journal of Obesity.

Hasil penelitian menegaskan bahwa mereka yang lebih banyak berjalan dan lebih sedikit duduk memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Dalam studi tersebut, mereka yang mengambil 15.000 langkah atau lebih per hari cenderung memiliki BMI dalam kisaran normal dan sehat.

Di saat yang bersamaan, aktivitas ini juga membantu menghindari banyak penyakit.

Studi National Walkers' Health menemukan bahwa, berjalan kaki secara teratur dikaitkan dengan 7 persen penurunan risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Bahkan, beberapa ahli menyarankan untuk berjalan beberapa saat setelah makan agar makanan tercerna dengan baik, serta tubuh dapat menyerap nutrisi dari makanan tersebut.

Manfaat berjalan juga disebut dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang menjadi lebih lama.

Dalam tinjauan studi yang diterbitkan pada tahun 2014 di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity para peneliti menemukan bahwa berjalan selama sekitar 3 jam seminggu dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini.

Yakni, sebesar 11 persen dibandingkan dengan mereka yang melakukannya sedikit atau tidak ada aktivitas sama sekali.

Baca Juga: Hempaskan Lemak Perut yang Membandel Tak Perlu Susah Payah, Kuncinya Hanya Perlu Berjalan Kaki Dengan Cara Seperti Ini