Dokter Anak dan Psikolog Ungkap Peran Serat Bagi Kesehatan Saluran Cerna dan Alergi Pada Anak, Serta Dampak Psikologisnya Terhadap Ibu dan Anak

By Geralda Talitha, Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:13 WIB
Peran serat terhadap kesehatan saluran cerna anak (Nita Febriani/ Nakita)

Nakita.id - Memperhatikan saluran cerna Si Kecil adalah hal penting yang harus Moms lakukan.

Sebab, saluran cerna merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh Si Kecil yagn berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, daya tahan tubuh dan kesehatan Si Kecil secara keseluruhan. 

Hal itulah yang membuat saluran cerna menjadi siste perlindungan terdepan sekaligus cermin kesehatan anak.

Dengan memiliki saluran cerna yang sehat, maka sistem kekebalan tubuh Si Kecil akan terbentuk dengan baik baik dan juga membuat Si Kecil terhindari dari gangguan kesehatan, termasuk gangguan alergi.

Untuk mendukung optimalisasi kesehatan saluran pencernaan khususnya untuk anak di atas usia 1 tahun yang merupkaan bagian dari golden period tumbuh kembang anak, dibutuhkan konsumi serat yang cukup sebagai salah satu golden nutrition atau nutrisi penting bagi tubuh. 

Di Indonesia sendiri, kecukupan serat anak masih belum memenuhistandar rekomendasi asupan serat harian.

Dari data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018, 95,5 persen penduduk indonesia berusia di atas 5 tahun masih kurang mengonsumsi serat. 

Oleh karena itu, pemahaman pemberian serat kepada anak masih terus gencar dilakukan kepada para orang tua.

Seperti yang dilakukan Danone dalam webinar Peran Serat Terhadap Kesehatan Saluran Cerna dan Alergi pada Anak yang diadakan Selasa (23/08/2022).

dr. Endah Citraresmi, Sp.A(K), Konsultan Alergi dan Imunologi Anak mengatakan pentingnya peranan penting serat terhadap kesehatan saluran cerna anak.

"Asupan makanan serat tidak bisa diremehkan. Apabila asupan serat tidak tercukupi, maka bisa berpengaruh terhadap gangguan kesehatan anak, salah satunya menyebabkan alergi pada anak," ungkap dr. Endah. 

 Baca Juga: Moms Harus Tahu 3 Cara Mengatasi Anak Sulit BAB Menurut Dokter Anak, Perbanyak Cairan dan Makanan Serat