SAH! Tunjangan Profesi Guru Dihapus dari RUU Sisdiknas oleh Tangan Kanan Jokowi, Maaf untuk Para Guru Se-Indonesia Harus Ngelus Dada Dengar Kabar Buruk Ini

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 29 Agustus 2022 | 11:54 WIB
Tunjangan Profesi Guru dihapus dari RUU Sisdiknas (Instagram.com/@pbgri_official)

Nakita.id - Kabar buruk untuk seluruh guru dan pendidik di Indonesia, karena baru saja tangan kanan Presiden Joko Widodo menyetujui untuk menghapus Tunjangan Profesi Guru (TPG).

TPG ini padahal salah satu penghasilan yang didapatkan oleh guru selain gaji pokok.

Bagaimana kabar tentang penghapusan TPG selengkapnya? Simak di sini.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah merilis rancangan undang-undang (RUU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pada Agustus 2022.

RUU Sisdiknas ini telah resmi diajukan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Perubahan tahun 2022 kepada DPR, Rabu (24/8/2022).

Namun, RUU Sisdiknas menuai kritik di kalangan guru karena tidak ada pasal yang mengatur tentang 'Tunjangan Profesi Guru' atau biasa disebut TPG.

Mengenai hal ini, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menyoroti hilangnya pasal tunjangan profesi guru.

"Dalam Pasal 105 huruf a-h yang memuat hak guru atau pendidik, tidak satupun ditemukan klausul 'hak guru mendapatkan tunjangan profesi guru'.

Pasal ini hanya memuat klausul 'hak penghasilan/pengupahan dan jaminan sosial'," ujar Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim melalui keterangan tertulis kepada Kompas pada Minggu (28/8/2022).

Berikut ini bunyi Pasal 105 poin a-h, yang dikutip dari laman sisdiknas.kemdikbud.go.id.

Pasal 105

Baca Juga: Nominalnya Tak Sama dengan Karyawan Swasta, Segini Besaran Subsidi Gaji Guru Honorer dan Tenaga Kependidikan Non-PNS, Catat Juga Syarat Mendapatkannya