Sering Dibaca Jarang Dilakukan, Ini 3 Olahraga Sederhana yang Aman Untuk Ibu Hamil

By David Togatorop, Rabu, 31 Agustus 2022 | 06:10 WIB
Mudah dilakukan, ini olahraga sederhana dan aman ibu hamil. (Pixabay)

Nakita.id - Ibu hamil memang harus tetap aktif bergerak.

Namun seringnya, anjuran itu hanya sekedar dibaca dan jarang dilakukan.

Padahal ada 3 olahraga sederhana yang aman dan bermanfaat untuk ibu hamil.

Manfaat olahraga untuk ibu hamil

Selama hamil, Ibu sangat dianjurkan berolahraga, karena selain bermanfaat untuk kesehatan dan memperlancar proses persalinan, dapat pula meningkatkan kemampuan otak si kecil kelak.

Banyak manfaat yang dapat dipetik, bila seorang ibu hamil melakukan olahraga secara teratur.

Antara lain, si ibu jadi merasa tak terbebani dengan pertambahan berat badannya yang cepat. Juga, dengan berolahraga, aliran darah dalam tubuh jadi lebih cepat, karena jantung bekerja lebih cepat. Hal ini tentunya menjadikan suplai oksigen dan makanan ke janin pun lebih baik.

Tak hanya itu, bila berolahraga, aliran darah dalam tubuh pun jadi teratur dan lancar. Ini berbeda dengan ibu hamil yang jarang melakukan aktivitas, seperti hanya duduk-duduk atau tiduran. Biasanya sering mengalami hambatan pembuluh darah balik.

Aliran darah dari bawah/kaki ke atas jadi terhambat, karena tertahan janin. Akibatnya sering timbul varises di kaki, malah kalau berat varisesnya bisa di vagina.

Olahraga bagi ibu hamil juga memiliki dampak positif pada janinnya. Gerakan-gerakan yang dilakukan otomatis membuat jantung memompa darah lebih cepat, hingga janin pun mendapat suplai darah yang lebih cepat. Apalagi kalau kegiatan tersebut dilakukan di waktu pagi, di mana kadar oksigennya tinggi.

Suplai oksigen yang baik itu kemudian diambil oleh janin. Oksigen yang masuk, sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin dan dapat menjadikan anak lebih cerdas.

Pada dasarnya, olahraga bukan halangan bagi para ibu hamil. Namun sebaiknya sebelum berolahraga, perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan, dan memperhatikan faktor usia kehamilan.

Baca Juga: Berhubungan Intim saat Hamil Tua Akan Membuat Bumil Merasakan 6 Keuntungan Ini