Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, 10 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigi dan Mulut Ini Wajib Dihindari dari Sekarang

By Shannon Leonette, Sabtu, 10 September 2022 | 17:13 WIB
Memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional pada 12 September mendatang, Moms dan Dads harus tahu beberapa kebiasaan yang bisa merusak gigi dan mulut. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Dalam rangka peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Moms dan Dads wajib tahu apa saja kebiasaan yang bisa merusak gigi dan mulut.

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional diadakan setiap tanggal 12 September.

Melalui Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional ini, pemerintah berharap agar masyarakat dari seluruh kalangan tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan pada gigi maupun mulut.

Bagaimana tidak, kesehatan gigi dan mulut merefleksikan kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan, khususnya di tengah pandemi sekarang.

Apalagi, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer drg. Saraswati, MPH menyampaikan bahwa prevalensi permasalahan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi.

Demikian disampaikan, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menyadur dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, drg. Saraswati menyebut proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit, yang mencapai angka 45,3% saat itu.

Di sisi lain, masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami oleh masyarakat Indonesia adalah gusi bengkak dan/atau keluar bisul (abses), yang mencapai angka 14% saat itu.

“Dari 57,6% penduduk bermasalah kesehatan gigi dan mulut, ternyata yang mengakses pelayanan kesehatan gigi hanya sekitar 10,2%,” ungkap drg. Saraswati.

Maka dari itu, sangat penting bagi masyarakat Indonesia termasuk Moms dan Dads untuk mempelajari bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang tepat.

Salah satunya adalah mengetahui beberapa kebiasaan yang bisa merusak  gigi dan mulut, yang sudah dijabarkan oleh drg. Juli Himawan, dokter gigi yang saat ini berpraktik di Golden Smile Dental Clinic, BSD City, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Berikut 6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Tepat, Salah Satunya Minum Air Putih