Kunci Jawaban Lengkap Lembar Aktivitas 4 Tentang Sejarah Trem di Surabaya di Buku Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 29-33

By Shannon Leonette, Selasa, 13 September 2022 | 08:46 WIB
Simak kunci jawaban lengkap Bab 1 Lembar Aktivitas 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 29-33. (Pexels / Skitterphoto)

Nakita.id - Berikut ini kunci jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 29-33.

Materi yang dibahas dalam Bab 1 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X adalah Sejarah: Manusia, Ruang, dan Waktu.

Selain menjawab soal di Lembar Aktivitas 3 halaman 23-26, soal lainnya yang dapat dicoba di buku Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X adalah Lembar Aktivitas 4 di halaman 29-33.

Dalam soal ini, peserta didik diminta untuk menganalisis serta memberikan pendapat mengenai perkembangan transportasi sepanjang sejarah, yakni pada masa pemerintahan Belanda hingga sekarang, di halaman 29-33.

Namun, sebelum menjawab, peserta didik diharapkan untuk membaca dengan seksama kisah salah satu perkembangan transportasi yang ada di Indonesia, yaitu trem.

Soal ini didesain untuk mengajak peserta didik mengenal empat hal yang dipelajari dalam sejarah dari segi waktu.

Diantaranya adalah perkembangan, kesinambungan, pengulangan, dan perubahan.

Tujuannya tentu tak lain adalah untuk mempermudah peserta didik mempelajari sejarah dalam beberapa pertemuan ke depan.

Peserta didik tentu diharapkan untuk mencoba menjawab pertanyaan yang dilontarkan pada buku ini.

Baru setelahnya, peserta didik bisa mencoba mencocokkan jawabannya dengan kunci jawaban yang sudah orangtua siapkan.

Berikut ini kunci jawaban lengkap Bab 1 Lembar Aktivitas 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 29-33.

Baca Juga: Mengenal Mohammad Hatta sebagai Tokoh Sejarah, Berikut Kunci Jawaban Lengkap Bab 1 Lembar Aktivitas 3 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 23-26

Kunci Jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 29-33

Berikut ini kunci jawaban lengkap Bab 1 Lembar Aktivitas 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 29-33.

Studi Kasus

Sepenggal Perjalanan Sejarah Trem di Surabaya

Sumber artikel: “Sepenggal Perjalanan Sejarah Trem di Surabaya” ditulis oleh M.F. Mukthi tanggal 05 Mei 2015. https://historia.id/urban/articles/sepenggal-perjalanan-sejarah-trem-di-surabaya-Pew8

Petunjuk kerja:

• Tugas dikerjakan secara individual.

• Tulis argumen kalian di buku atau media lain.

• Kalian dapat mencari dari berbagai sumber lain yang terkait untuk mencari informasi lebih lanjut.

Berdasarkan artikel tersebut, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini!

1. Jelaskan perkembangan trem pada masa pemerintah Belanda hingga masa sekarang!

Baca Juga: Masih Mencari Manfaat dari Peristiwa Sejarah, Kunci Jawaban Lengkap Bab 1 Lembar Aktivitas 2 Kisah 3 dan 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 16-17

Jawaban:

Di abad ke 19, sebagai upaya modernisasi transportasi pemerintah kolonial Belanda untuk kepentingan ekonomi.

Tahun 1886 Ooster Java Stoomtram Maatschappij (OJS) diizinkan menjadi pengelola trem.

Tahun 1889, trem mulai beroperasi dan trayek awalnya meliputi 3 jalur yaitu, Ujung-Sepanjang, Mojokerto-Ngoro, dan Gemekan-Dinoyo.

Tahun 1913-1916, seiring berkembangnya kota OJS terus membuka jalur sisi barat sampai ke pusat kota.

Tahun 1923 serikat buruh kereta api dan trem melakukan mogok selama 3 minggu sebagai bentuk perlawanan terhadap kelas-kelas dalam tren yang dianggap tidak adil.

Trem listrik dibangun pada tahun 1911 dan selesai pada tahun 1924.

Tahun 1927 menjadi puncak kejayaan trem listrik maupun trem uap.

Tahun 1945, trem diambil alih oleh perusahaan Djawatan Kereta Api.

Namun, karena buruknya manajemen membuat trem tidak terawat.

Tahun 1970-an trem resmi tidak beroperasi di Surabaya, karena tidak bisa bersaing dengan moda transportasi lainnya.

Baca Juga: Mengambil Manfaat dari Peristiwa Sejarah, Kunci Jawaban Lengkap Bab 1 Lembar Aktivitas 2 Kisah 1 dan 2 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 14-15

2. Bagaimanakah kesinambungan trem sebagai moda transportasi pada masa dahulu hingga sekarang?

Jawaban:

Pada zaman pemerintahan kolonial Belanda trem menjadi transportasi yang banyak digunakan di Surabaya.

Sehingga, pemerintah kota berencana akan membangun jalur trem sepanjang 17 km yang menghubungkan Wonokromo dan Kalimas.

Untuk membangun trem ini digunakan teknologi modern, namun tetap menggunakan jalur trem yang lama karena tidak pernah dibongkar secara resmi dan 80% jalur trem masih dapat digunakan.

Hanya saja terpendam di dalam aspal, tanah maupun material lainnya.

Selama masanya, trem sangat berkembang bahkan sampai ke pusat kota yang membantu jalannya perekonomian.

3. Adakah peristiwa pengulangan yang terkait dengan berhentinya trem sebagai salah satu moda transportasi umum apabila kalian hubungkan dengan kejadian pada masa kini terkait dengan nasib dari moda transportasi umum?

Jelaskan sesuai dengan kondisi penggunaan moda transportasi umum di daerah kalian!

Jawaban:

Ada, pengulangan moda transportasi dari zaman dahulu hingga masa kini adalah zaman dahulu menggunakan trem baik dengan tenaga listrik maupun uap.

Baca Juga: Menceritakan Peristiwa Penting, Kunci Jawaban Lengkap Bab 1 Lembar Aktivitas 1 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 7-9

Hal ini terjadi lagi dengan adanya kereta api uap yang sudah tidak digunakan lagi karena sekarang menggunakan tenaga listrik seperti KRL.

4. Jelaskan perubahan apa yang terjadi dari penggunaan trem di Surabaya pada masa itu?

Jawaban:

Perubahan trem di Surabaya awalnya menggunakan tenaga uap sampai menggunakan trem tenaga listrik.

Dan, dari hanya ada 3 trayek menjadi bertambah seiring berjalannya waktu.

5. Mengapa trem dapat menjadi simbol penjajahan bagi kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu?

Jawaban:

Karena adanya pembagian kelas dalam trem dan harganya yang mahal, sehingga hanya dapat dinaiki oleh kalangan tertentu.

Membuat masyarakat Indonesia merasa tidak adil.

Nah, itulah kunci jawaban Bab 1 Lembar Aktivitas 4 Sejarah Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 29-33.

Mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Descriptive Text ‘Cristiano Ronaldo’, Buku Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas X SMA Bab 1