Mengenal Perbandingan Trigonometri Beserta Kunci Jawaban Soal Latihan 4.1 Halaman 101 Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Kamis, 15 September 2022 | 09:14 WIB
Soal dan jawaban Latihan 4.1 perbandingan trigonometri halaman 101 buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka (Pixabay.com)

Nakita.id – Setelah menyelesaikan bab 3 Matematika Kurikulum Merdeka, mari kita lanjutkan ke bab 4.

Pada bab 4 Matematika Kurikulum Merdeka, materi yang dibahas adalah tentang perbandingan trigonometri.

Dalam materi trigonometri Kurikulum Merdeka, siswa akan mempelajari banyak hal.

Seperti jenis-jenis perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan prinsip perbandingan trigonometri.

Sekilas mengenai trigonometri, trigonometri adalah studi pola bermakna mengenai hubungan antara sudut dan sisi segitiga.

Trigonometri berasal dari kata Yunani trigono, yang berarti segitiga, dan metri, yang berarti pengukuran.

Salah satu contoh penggunaan trigonometri adalah Theodolit, yaitu alat yang digunakan oleh pengukur tanah.

Dengan alat ini, pengukur tanah dapat mencari banyak hal.

Mulai dari tingkat kelandaian jalanan, tinggi sebuah tiang, dan bahkan tinggi gedung pencakar langit.

Penggunaan Theodolit ini dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan penerapan konsep perbandingan trigonometri.

Untuk mempelajari perbandingan trigonometri, siswa juga perlu mengingat teorema Pythagoras yang berlaku pada segitiga siku-siku.

Baca Juga: Ringkasan Lengkap Bab 3 Mengenai Vektor dan Operasinya Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

Seperti diketahui, pada segitiga siku-siku berlaku persamaan berikut:

a²+ b²= c2

Selain itu, siswa juga perlu mengingat tentang rasio (perbandingan).

Rasio adalah nilai/bilangan yang menjelaskan keterkaitan antara dua hal.

Misalnya, diketahui nilai perbandingan tinggi penggaris dengan pohon adalah 1/100.

Jika tinggi penggaris 3 cm dan tinggi bayangan 6 cm, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tinggi pohon adalah 300 cm dan tinggi bayangan pohon adalah 600 cm.

Terakhir, mengingat konsep kesebangunan segitiga.

Konsep ini juga mempunyai hubungan dekat dengan konsep rasio perbandingan.

Dua segitiga dapat memenuhi syarat kesebangun jika:

- Ketiga sudut pada segitiga sama besarnya atau

- Ketiga sisi segitiga sebanding (mempunyai nilai rasio yang sama)

Baca Juga: Kunci Jawaban Lengkap Uji Kompetensi Vektor dan Operasinya Halaman 94 Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

Untuk lebih mudah memahaminya, yuk kita bahas soal dan jawaban Latihan 4.1 halaman 101 buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka!

Latihan 4.1

1. Tentukan nama yang tepat untuk setiap sisi segitiga siku-siku pada Gambar 4.12!

Soal nomor 1 perbandingan trigonometri halaman 101 Matematika Kurikulum Merdeka

Jawaban:

V = Sisi depan

X = Sisi samping

Z = Sisi miring

2. Putri menamakan sisi segitiga sebagai berikut:

Sisi depan adalah sisi m.

Sisi samping adalah sisi n.

Baca Juga: Menghitung Resultan Vektor, Jawaban Lengkap Latihan 3.6 Halaman 92 Operasi Vektor Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

Sisi miring (hipotenusa) adalah sisi o.

Coba tuliskan anjuran untuk Putri memperbaiki pemahamannya!

Dalam anjuran kalian, pastikan ada penjelasan alasannya.

Soal nomor 2 perbandingan trigonometri halaman 101 Matematika Kurikulum Merdeka

Jawaban:

Putri harus memperhatikan letak sudut yang dirujuk.

Sisi depan sudut 30˚ adalah sisi n, bukan sisi m.

Sisi samping sudut 30˚ adalah sisi m, bukan sisi n.

Putri sudah benar mengidentifikasi sisi miringnya, yaitu sisi o.

Nah, itu dia soal dan jawaban Latihan 4.1 halaman 101 buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Menggambar Hasil Penjumlahan dan Pengurangan Vektor, Kunci Jawaban Latihan 3.5 Halaman 91 Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka