Semuanya Berlindung di Tempat Aman! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 18 September 2022 untuk Wilayah-wilayah Ini

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 17 September 2022 | 20:13 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 18 September 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem. Sudah masuk bulan September, Indonesia masih dilanda cuaca ekstrem.

Hampir semua wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang bisa membahayakan kehidupan manusia tersebut.

Untuk menghindari hal yang menakutkan, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 18 September 2022.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat, di Selat Makassar, di Papua Barat, dan di Australia bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Selat Karimata, dari Sulawesi Selatan bagian utara hingga Selat Makassar, dari perairan utara Papua hingga Papua Barat, dan di Australia bagian utara.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Samudra Hindia barat Bengkulu dan di perairan selatan P. Buru hingga Laut Maluku bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daftar wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Sumatera Utara

- Riau

- Kep. Riau

- DKI Jakarta

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Pada Sabtu 17 September 2022, Waspada Hujan Lebat hingga Angin Kencang untuk Wilayah Ini, Mana Saja?