8 Makanan yang Bikin Gigi Jadi Kuning

By Dini Felicitas, Senin, 14 November 2016 | 01:00 WIB
8 Makanan yang Bikin Gigi Jadi Kuning (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Punya gigi yang putih dan sehat tentu akan menambah rasa percaya diri Mama. Untuk mendapatkan gigi yang putih bersih, Mama tentu harus rutin menggosok gigi, menggunakan benang gigi, dan menghindari beberapa jenis makanan yang dapat membuat gigi jadi kuning.

Hm... pasti Mama tak menyangka ada makanan yang dapat membuat gigi jadi kuning, ya, Mam. Perhatikan apakah Mama sering mengonsumsi delapan jenis makanan dan minuman ini:

Kopi. Ini pasti minuman yang sulit Mama tinggalkan ketika berada di kantor. Namun kopi bisa meninggalkan noda kehitaman yang tak sedap dipandang, terutama jika Mama tak cermat menggosok gigi. Hal ini disebabkan kandungan polifenol bernama tannin yang bisa menghasilkan noda dan perubahan warna gigi. Kopi juga mengandung asam yang tak baik bagi kesehatan gigi, dan memicu gigi berlubang.

Teh. Kandungan antioksidannya memang baik bagi tubuh, namun teh juga mengandung tannin seperti pada kopi yang bisa membuat gigi menguning. Frekuensi Mama mengonsumsi teh juga memengaruhi efek tersebut. "Satu hal yang tidak disadari orang adalah, ketika membentuk lubang pada gigi, itu bukan hanya karena apa yang Anda makan, tetapi juga sesering apa Anda mengonsumsinya," jelas Dr. Kim Harms, juru bicara American Dental Association. Jika Mama terus-menerus minum teh atau kopi sepanjang hari, kemungkinan terjadinya perubahan warna lebih besar. Untuk melawan pembentukan noda, tambahkan sedikit susu pada minuman Mama. Sebab, kasein pada susu mampu mencegah dan mengurangi noda akibat teh. 

Kari. Rempah-rempah yang digunakan untuk memasak kari ternyata juga berperan dalam proses menguningnya gigi. Ingat kan, bagaimana kunyit bisa membuat jari-jari Mama terlihat kuning setelah memotong-motongnya? Untuk mencegah gigi menjadi kuning akibat kari, lebih baik jangan sering-sering mengonsumsinya ya, Mam.

Permen. Permen boleh dibilang makanan paling membahayakan gigi. Sifatnya yang lengket membuatnya mudah melekat di antara gigi, dan menjadi bahan makanan bagi bakteri. Bakteri lalu melepaskan asam penyebab gigi berlubang. "Jika Anda ingin makan sesuatu yang manis, lebih baik pilih dark chocolate yang tidak lengket. Tapi pilih yang kandungan gulanya paling sedikit," ujar Harms.

Saus tomat. Apa pun yang bisa menodai karpet atau taplak meja, pasti bisa menodai gigi Anda, begitu kata Harms. Coba ingat, seberapa sering Mama menggunakan saus tomat untuk menikmati kentang goreng atau pizza? Coba mulai sekarang dikurangi, ya. Menurut Harms, frekuensi saat mengonsumsi saus tomat lebih memengaruhi gigi ketimbang berapa banyak Mama mengonsumsinya. 

Soft drink. Entah itu versi biasa atau versi dietnya, minuman soda mengandung asam yang bisa merusak gigi. "Jika Anda minum sesuatu yang asam sepanjang hari, itu tidak baik. Minum pakai sedotan bisa sedikit membantu, tapi cairan tersebut pada akhirnya akan memenuhi mulut Anda," kata Harms. Jadi, kurangi saja minuman bersoda. 

Buah anggur. Anggur, baik yang sudah menjadi minuman maupun yang masih berupa bahan mentahnya, sama-sama bisa meninggalkan noda pada gigi. Anggur adalah buah yang menyebabkan pigmentasi yang kuat, dan bisa menyebabkan noda jika dimakan terlalu sering. Cara melawan plak akibat asam adalah dengan sikat gigi menggunakan pasta gigi yang baik, yaitu yang mengandung fluoride.

Lemon. Minum air putih dengan tambahan lemon di pagi hari katanya memang bisa mempercepat metabolisme. Lemon juga bersifat diuretik sehingga bisa meredakan kembung. Namun, buah-buahan sitrus seperti lemon atau limau mengandung asam yang tinggi, dan bisa mengikis email pada gigi. Hasilnya, gigi pun tampak menguning.

Itu tadi sejumlah makanan yang menyebabkan gigi jadi kuning. Mama tak perlu menghindarinya sama sekali. Cukup kurangi konsumsinya, dan menggosok gigi dengan cermat setelah menikmatinya.