Si Kecil Sering Rewel Karena Sulit Tidur? Yuk, Coba Atasi dengan Cara Ini

By Fathia Yasmine, Rabu, 9 November 2022 | 15:35 WIB
(DOK. Shutterstock)

Nakita.id – Sama seperti orang dewasa, si kecil juga butuh tidur yang berkualitas agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Hingga usia satu tahun, si kecil perlu menghabiskan separuh dari harinya untuk tidur. Durasi tidur yang dibutuhkan bayi umumnya memang lebih panjang dari anak-anak dan orang dewasa.

Dilansir dari situs web Kids Health, pada usia newborn atau baru lahir, si kecil membutuhkan tidur hingga 18-19 jam per hari. Seiring bertambahnya usia, durasi tidur si kecil akan berkurang menjadi 12 hingga 14 jam per hari. 

Pada saat tidur, si kecil biasanya akan terbangun setiap 2-3 jam sekali karena lapar atau popoknya terasa penuh. Pada dua minggu pertama kehidupannya, laman Kids Health juga menyarankan agar Bunda membangunkan si kecil sesekali ketika ia tidur, agar kebersihan asupan nutrisinya tetap terjaga.

Baca Juga: Arti Nama Nabila untuk Nama Bayi Perempuan Lengkap dengan Inspirasi Nama Panjang

Meski begitu, membangunkan si kecil tak jarang membawa dilema tersendiri bagi para Bunda. Apabila tidak sering dibangunkan, si kecil bisa jadi tidur terlalu lama di siang hari dan akan terjaga sepanjang malam. 

Namun, gangguan yang membuat si kecil rewel karena tidak bisa tidur nyenyak bukan hanya terlalu lama tidur di siang hari. Ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan si kecil rewel saat malam hari, mulai dari perlakuan Bunda, adaptasi waktu, hingga udara dingin dan gigitan serangga. 

Agar Bunda tidak kewalahan akibat si kecil rewel, laman Parents memberikan sejumlah tips agar si kecil bisa kembali tidur nyenyak. Berikut rangkumannya.

1. Buat jadwal tidur

Langkah pertama yang bisa Bunda lakukan adalah dengan membuat jadwal tidur bagi si kecil. Profesor pediatri klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Indiana, Amerika Serikat (AS) dr Deborah Givan menyebut, cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan indikator lampu sebelum tidur.

Gunakan lampu dengan cahaya redup setidaknya 30 menit sebelum tidur. Bunda juga bisa menutup gorden untuk memblokir cahaya dari luar. Apabila si kecil rewel, Bunda bisa membacakan cerita atau menyanyikan lagu yang menenangkan.

Baca Juga: Arti Nama Nicholas untuk Nama Bayi Laki-laki, Bermakna Baik