Kunci Jawaban Latihan Terpadu Soal 2 Nomor 1 IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

By Amallia Putri, Jumat, 18 November 2022 | 12:53 WIB
Latihan Terpadu Soal 2 Nomor 1 IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka (Pexels / W W)

Nakita.id - Sudahkah siswa dan siswi mengetahui jawaban latihan soal terpadu yang ada di buku Ilmu Pengetahuan Alam?

Simak yang satu ini apabila belum.

Soal 2 nomor 1 untuk mata pelajaran IPA kelas 10 SMA ini bisa ditemukan di halaman 206.

Apabila sudah menemukan halamannya, mari kita bahas secara mendetail soal ini.

Dalam materi ini, siswa dan siswi perlu tahu soal dampak dan mekanisme dari pemanasan global.

Soal 1 yang dipertanyakan ada di dalam materi artikel berjudul Inactivation of Viruses on Surfaces by Ultraviolet Germicidal Irradiation yang ditulis oleh Chun-Chieh Tseng dan Chih-San Li.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang ada pada soal 2 nomor 1 materi IPA:

a. Lingkarilah bagian virus corona manakah yang mengalami kerusakan akibat sinar UV?

b. Analisis tahapan mana dalam replikasi yang terganggu akibat rusaknya struktur tersebut? Berikan alasannya!

c. Jika kalian ingin melakukan penelitian untuk menguji efektifitas lamanya penyinaran UV terhadap rusaknya struktur virus corona, maka identifikasikan pernyataan yang benar dan salah.

Berikut adalah kunci jawabannya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Lengkap Lembar Aktivitas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 271

Kunci Jawaban

a. Jawaban: B. Gambar yang ditunjukkan B merupakan asam nukleat virus corona.

b. - Pelekatan: tidak terganggu

- Injeksi: tidak terganggu

- Sintesis: terganggu

- Perakitan: terganggu

- Lisis: terganggu

Alasannya karena UV merusak struktur asam nukleat sehingga asam nukleat virus mengalami gangguan.

UV juga tidak bisa melanjutkan tahap sintesis bagian-bagian virus, begitu pula dengan perakitan dan lisis.

c. Pernyataan:

- Variabel terikat dalam penelitian ini adalah lamanya penyinaran UV. Jawaban: benar.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka Tentang Hubungan Internasional

- Akan dilakukan perbandingan jumlah virus yang rusak pada kelompok virus yang diberi penyinaran 10 menit dengan kelompok virus yang diberi penyinaran 30 menit. Jawaban: benar.

- Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar menentukan lamanya penyinaran UV untuk merusak virus corona. Jawaban: benar.

Mengapa Harus Belajar Soal Pemanasan Global?

Ada beberapa alasan mengapa pemanasan global perlu dipelajari dan masuk ke dalam kurikulum, di antaranya adalah:

1. Mengetahui gejala pemanasan global

2. Memahami mengapa bisa terjadi gejala-gejala pemanasan global

3. Mengetahui apa dampak pemanasan global terhadap hidup kita dan iklim

4. Mengetahui dan menerapkan berbagai cara untuk mengatasi pemanasan global

Setelah mempelajari soal pemanasan global, bisakah siswa dan siswi menyebutkan satu gejala dari pemanasan global?

Apa dampaknya bagi kehidupan kita?

Itulah tadi kunci jawaban latihan terpadu soal 2 nomor 1 IPA kelas 10 SMA kurikulum merdeka.

Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu Soal B Nomor 2 Halaman 208 IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka