Pola Tidur Bayi Ala Parenting Prancis yang Bisa Ditiru Orangtua Indonesia

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 24 November 2022 | 19:05 WIB
Pola tidur bayi ala parenting Prancis (Freepik/bearfotos)

Nakita.id - Pamela penulis buku Bringing Up Bébé adalah orang yang akhirnya menemukan pola tidur untuk bayinya, dan puluhan juta bayi di dunia. Ia mengenalkan pola tidur bayi yang membuat Si Kecil nyenyak di malam hari dan terjaga di pagi hingga siang hari.

Pola tidur ini juga berawal dari Pamela yang merasa bayinya tidak nyenyak saat tidur.

Pamela dan suaminya merasa frustrasi karena waktu tidur mereka terganggu. Inilah yang membuat Pamela dan suaminya sempat stres hanya karena bayinya terbangun di malam hari karena tidurnya tidak nyenyak.

Tapi Pamela kaget ketika melihat bayi Prancis dapat tidur nyenyak tanpa terbangun di tengah malam dengan mudah.

Mereka sudah dapat tidur nyenyak sejak berusia seminggu atau dua minggu. Orang Prancis menganggap bahwa usia empat bulan sudah termasuk terlalu lama untuk seorang bayi supaya dapat tidur nyenyak.

Sebagai informasi, Pamela merupakan warga negara Amerika yang tinggal di Prancis. Akhirnya ia melakukan riset dan menemukan pola tidur bayi yang bagus untuk anaknya.

Pola Tidur Bayi Ala Parenting Prancis

Masih dari sumber yang sama, yaitu buku berjudul Bringing Up Bébé, ternyata ada 2 kunci bayi tidur nyenyak di malam hari.

Inilah yang membuat orangtua di Prancis menjadi bahagia karena mereka tidak kehilangan jam tidur mereka di malam hari.

Saat pagi harinya mereka juga bahagia bermain bersama Si Kecil karena semuanya, baik orangtua dan anak sudah tidur yang cukup.

1. Jeda

Hal terpenting untuk membuat bayi tidur nyenyak adalah dengan memberi jeda.

Ketika bayi menangis atau tiba-tiba bergerak bangun, orang tua disarankan untuk tidak langsung merespons bayi.

Baca Juga: Pantas Saja Anaknya Baik dan Nurut, Coba Terapkan Pola Asuh yang Dilakukan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono