Rumus Excel Pengurangan dan Cara Mengerjakannya!

By Amallia Putri, Jumat, 25 November 2022 | 19:19 WIB
Rumus pengurangan di Microsoft Excel (Nakita.id/Syifa)

Nakita.id - Yuk, ketahui cara melakukan pengurangan di dalam Microsoft Excel.

Apakah Moms sering menggunakan Microsoft Excel?

Pada dasarnya, Microsoft Excel digunakan untuk mengolah angka dan memudahkah Moms untuk menganalisis nantinya.

Karena program pengolah angka, Microsoft Excel bisa untuk menghitung jumlah. Tak hanya penjumlahan saja tapi juga pengurangan.

Apabila data amat sangat banyak, tentu susah untuk mengitungnya satu per satu. Maka dari itu, kalian harus tahu caranya melakukan pengurangan di dalam Excel.

Bagaimana caranya? Simak yang satu ini.

1. Pengurangan Manual

Ini dia cara melakukan pengurangan manual di dalam Microsoft Excel:

- Buka sheet baru pada Microsoft Excel.

- Ketik "=" lalu masukkan pengurangan. Contoh "=70-60".

- Tekan enter.

Baca Juga: Penjelasan Cara Membuat Nomor di Microsoft Excel dengan Mudah

- Hasil langsung keluar, yaitu "10".

2. Pengurangan antar Kolom

Apabila kalian ingin melakukan pengurangan dari angka yang disusun per kolom, bisa lakukan cara ini:

- Klik pada cell yang ingin diisi jumlah pengurangannya.

- Klik cell yang berisi angka yang ingin dikurangi, misalnya D4. Kemudian ketik tanda minus – sehingga rumus menjadi "=D4-".

- Seterusnya, klik cell yang ada di bawahnya, sehingga rumusnya menjadi "=D4-D5-D6". Klik enter.

Itulah tadi beberapa cara untuk melakukan pengurangan di dalam Microsoft Excel.

Cara Membuat Tabel

Setelah dilakukan pengurangan, jangan lupa untuk membuat tabelnya, ya, Moms.

Ini dia caranya membuat tabel pada Microsoft Excel.

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka lembar excel dan pilih menu bar 'insert'.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel di Excel Mudah dan Cepat, Dijamin Hemat Waktu

- Pada menu itu akan ada beberapa pilihan, dan salah satunya adalah 'Tables'. Dari menu 'Tables' akan ada pilihan 'Pivot Table', 'Rekommended Pivot Tables' dan 'Table'.

- Pilih menu terkhir, yaitu 'Table' dan akan keluar pengaturan 'Create Table'.

- Pada pengaturan 'Create Table' kalian bisa memasukan kolom berapa saja yang akan dibuat menjadi tabel.

Namun, kalian harus memberikan tanda '$' setiap menulis nama row dan colomns dan beri tanda titik dua (:). Contohnya, $A$1:$H$13

- Atau, kalian bisa menggunakan cara mudah dengan menarik kursor pada row atau colomns mana yang akan dibuat tabel, lalu klik 'Ok'.

- Setelah tabel jadi, kalian bisa mengedit nama pada setiap column. Caranya, cukup letakan kursor pada column yang akan diubah, lalu tulisakan nama yang diinginkan pada 'Formula Bar'.

- Kalian juga bisa mengganti model atau warna tabel dengan sesuai keinginan. Caranya cukup block tabel yang akan diubah, lalu klik 'Table Design' yang ada pada menu bar.

- Pada menu itu, kalian bisa memilih pengaturan 'Table Style' untuk mengubah warna dan betuk tabel.

- Kalian juga bisa menambah column pada tabel degan cara pilih pengaturan 'Propertiers'.

Lalu, pilih pengaturan 'Resize Table' untuk menambah atau mengurangi tabel yag sudah dibuat.

Jadi, bagaimana, Moms? Sudah siap untuk menggunakan cara otomatis dari pengurangan di Microsoft Excel?

Baca Juga: Cara Menambah Kolom di Microsoft Excel Sangat Mudah, Ini Penjelasannya