Fakta Membuktikan, Si Kecil Akan Lebih Cerdas Jika Ayah Mau Berperan Sama Mengasuh Anak Sejak Bayi

By Nita Febriani, Sabtu, 26 November 2022 | 16:00 WIB
Anak bisa jadi lebih cerdas jika Ayah mau #BerperanSama dalam pengasuhan sejak bayi (iStock)

Nakita.id - Pembagian tugas dan peran antara ibu dan ayah yang kolot dan kaku nampaknya kini sudah mulai ditinggalkan.

Anggapan bahwa ibu bertugas menjaga anak, sementara tugas ayah hanya mencari uang sudah banyak berubah.

Pasalnya, semakin banyak Ayah yang mau #BerperanSama berinteraksi dan ikut mengurus anak sejak masa-masa awal kehidupannya.

Sebab penelitian membuktikan kehadiran Ayah yang mau #BerperanSama dapat membuat perkembangan mental anak lebih baik.

Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London, King’s College London, dan Oxford University.

Seperti sudah diketahui, bonding antara ibu dan bayi umumnya sudah terjalin kuat sejak bayi dilahirkan, dan sangat penting untuk pertumbuhannya. Tapi ternyata campur tangan dari sang ayah juga tidak kalah penting.

Penelitian yang dilakukan pada para ayah dan bayinya yang berusia 0-3 bulan, menemukan fakta bahwa ayah yang lebih aktif berinteraksi dengan bayinya akan menghasilkan anak dengan perkembangan kognitif yang lebih baik, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak dekat dengan ayahnya.

Hasil ini didapatkan dari hasil tes kognitif yang diberikan oleh para peneliti setelah anak berusia dua tahun.

Menurut Profesor Paul Ramchandani, peneliti utama dari Imperial College Department of Medicine, hal ini bisa terjadi karena interaksi antara ayah dan bayi yang masih berusia 0-3 bulan bisa menjadi rangsangan positif yang memiliki peran besar dalam perkembangan kognitif anak di tahun-tahun mendatang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, Profesor Paul memprediksi bahwa jika interaksi antara ayah dan anak ini tetap dilakukan saat anak berusia di atas dua tahun, maka kemungkinan besar perkembangan anak juga akan semakin positif.

Lalu, bentuk interaksi seperti apa saja yang bisa dilakukan oleh ayah? Saat anak sudah berusia dua tahun ke atas, kegiatan sederhana seperti membaca buku bisa menjadi cara ampuh.

Baca Juga: Ayah Berperan Sama untuk Menghentikan Kebiasaan 'Merengek' ketika Anak Menginginkan Sesuatu