Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word Windows dan Mac OS

By Amallia Putri, Jumat, 2 Desember 2022 | 17:00 WIB
Membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word (freepik.com/katemangostar)

Nakita.id - Yuk, Moms ketahui beberapa cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word.

Apakah Moms kerap membuat dokumen pada aplikasi Microsoft Word?

Bagi Moms yang kerap menggunakannya, wajib simak yang satu ini.

Kegunaan dari Microsoft Word adalah untuk membuat dokumen seperti surat bahkan hingga karya tulis seperti makalah atau esai.

Seringkali saat membuat dokumen yang terdiri dari banyak halaman, Moms diminta untuk membuat daftar isi.

Membuat daftar isi seringkali melelahkan karena harus menyesuaikan halamannya.

Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat daftar isi otomatis untuk mempersingkat waktu.

1. Membuat Daftar Isi Otomatis pada Ms. Word di Windows

- Buka file tulisan atau dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi.

- Klik menu References di Microsoft Word.

- Pilih opsi Table of Contents dan klik Automatic Table 1.

Baca Juga: Cara Membuat CV di Microsoft Word yang Rapih dan Terstruktur

- Microsoft Word akan otomatis membuat daftar isi dan sub-judul dengan keterangan nomor halaman.

- Peserta didik bisa melakukan edit ulang untuk menyesuaikan urutan daftar isi.

- Untuk memperbarui, klik References, Update Table, pilih antara opsi Update page number only atau Update entire table.

- Opsi Update page number only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.

- Opsi Update entire table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.

- Apabila ada entri yang hilang dari daftar isi, klik Home, Style, Heading 1.

- Kemudian, masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.

2. Membuat Daftar Isi Otomatis pada Ms. Word di Mac OS

- Buka file tulisan atau dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi.

- Klik menu References, Update Table, lalu pilih antara opsi.

- Update page number only atau Update entire table.

Baca Juga: Cara Membuat Awalan Huruf Kapital di Microsoft Excel

- Opsi Update page number only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.

- Opsi Update entire table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.

- Apabila ada entri yang hilang dari daftar isi, klik Home, Style, Heading 1.

- Kemudian masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.

Cara Membuat Nomor Halaman

- Buka halaman Microsoft Word, lalu pilih menu "Insert" di bagian atas

- Kemudian pilih "Page Number, setelah itu akan muncul pilihan tata letak

- Letakkan kursor di salah satu opsi tata letak. Contoh "Top of Page" untuk tata letak nomor halaman di bagian atas

- Letakkan kursor salah satu opsi, contoh pada "Top of Page" maka akan muncul opsi selanjutnya yakni tata letak nomor halaman bagian atas kanan, tengah dan kiri.

- Geser kursor dan klik tata letak nomor halaman yang diinginkan, maka semua halaman akan tertera nomor halaman secara berurutan di sisi yang sama.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat daftar isi secara otomatis pada Microsoft Word.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis Merah di Microsoft Word