Mizuiku Luncurkan Modul Panduan Ajar untuk Guru Se-Indonesia tentang Pelestarian Air Bersih dan Lingkungan Hidup

By Shannon Leonette, Senin, 19 Desember 2022 | 10:45 WIB
Rabu (14/12/2022), Mizuiku luncurkan modul panduan ajar untuk para guru se-Indonesia, yaitu Mizuiku Teachers Guide (MTG). (Dok. Press Release)

Nakita.id - Menuju akhir tahun 2022, Suntory Garuda Beverage (SGB) mengumumkan tiga gebrakan besar terkait dengan program Mizuiku.

Pertama adalah, wisuda ribuan anak dan guru di seluruh pelosok Indonesia yang telah menyelesaikan modul Mizuiku selama setahun terakhir.

Kedua, training of the trainers (ToT) untuk 1000 guru sekolah di seluruh Indonesia.

Ketiga adalah peluncuran Mizuiku Teachers Guide (MTG), modul panduan ajar pendidikan pelestarian air bersih dan lingkungan bagi guru-guru sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada Rabu (14/12/2022), dimana diikuti sekitar 200 peserta dan sisanya secara virtual.

Sebagai informasi, program Mizuiku sendiri sudah masuk ke Indonesia pada 2019 lalu, dimana hampir 30.000 anak, lebih dari 2.500 guru, dan lebih dari 250 sekolah Adiwiyata dari seluruh Indonesia berhasil direkrut.

"Ini menunjukkan seberapa besar komitmen kami untuk mengimplementasikan program Mizuiku di Tanah Air," kata Neeraj Kumar Goyal selaku Presiden Direktur dan Chief Executive Officer, PT Suntory Garuda Beverage.

"Kini, hari ini, dengan bangga kami mempersembahkan Mizuiku Teachers Guide (MTG), buku panduan bagi guru tentang konservasi air bersih yang memberikan panduan praktis tentang konsep, perencanaan, media dan penilaian konservasi air," terang Neeraj.

Melanjutkan informasi Neeraj, ada dua set modul untuk mengakomodasi masing-masing fase belajar siswa, satu set bagi guru-guru anak usia 5 sampai 8 tahun dan satu set lagi untuk guru anak usia 9 sampai 12 tahun.

Setiap setnya berisi empat topik yang mewakili bidang pembelajaran utama Mizuiku.

Keempat area tersebut adalah Lindungi Daur Air; Mencegah Pencemaran Air; Menghemat Air dengan Menanam Pohon; dan yang tak kalah pentingnya, Jaga Kebersihan Air dengan Memilah dan Mengelola Sampah.

Baca Juga: 8 Cara Menghemat Air di Rumah Secara Simple, Jangan Boros Lagi saat Mandi dan Mencuci Baju