Pengertian Globalisasi dan Dampak Positif dan Negatif yang Diberikan, Materi PKN Kelas XI SMA Kurikukulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 2 Januari 2023 | 14:58 WIB
Materi PKN kelas XI Kurikulum Merdeka tentang pengertian globalisasi, sampai dampak positif dan negatifnya. (Pixabay.com)

Nakita.id - Peserta didik wajib sadar kalau sekarang ini globalisasi sudah marak dimana-mana, bahkan sudah melanda Indonesia.

Sebagai pengetahuan karena termuat dalam materi PKN Kelas XI Kurikulum Merdeka, berikut selengkapnya soal pengertian globalisasi hingga dampak negatif dan dampak positif.

Pengertian Globalisasi

Pada materi PKN kelas XI Kurikukulum Merdeka, peserta didik harus tahu pengertian globalisasi. Banyak sekali ahli yang menjabarkan tentang pengertiannya.

Peserta didik bisa membacanya satu persatu pandangan ahli tentang pengertian globalisasi di sini.

Globalisasi adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara.

Nah, kalau menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara masyarakat satu dengan yang lainnya yang berbeda di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaidah baru yang sama.

Hubungan tersebut disebabkan oleh penemuan baru seperti alat elektronik dan internet.

Globalisasi juga dijelaskan oleh Anthony Giddens yang menerangkan bahwa hubungan sosial akhirnya menjadi intens antar penduduk di dunia ini.

Kemudian, terhubunglah satu peristiwa dengan peristiwa lainnya yang menghasilkan dampak timbal balik antara wilayah sehingga berkembang luas sampai aspek-aspek kehidupan antara keduanya.

Cochrane dan Pain menyatakan bahwa adanya globalisasi ditandai dengan munculnya suatu sistem budaya dan ekonomi secara global yang bisa membuat masyarakat dari seluruh dunia menjadi masyarakat tunggal yang tumbuh secara global.

Terakhir, ada Malcom Waters yang menyatakan bahwa globalisasi adalah suatu proses sosial yang bisa mengakibatkan munculnya pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya yang berubah menjadi kurang pentin dan berada di dalam setiap kesadaran manusia.

Baca Juga: Kunci Jawaban Lengkap PKN Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Uji Pemahaman Halaman 112