Risiko Konsumsi Kafein Berlebihan pada Awal Kehamilan

By Dini, Selasa, 29 Maret 2016 | 00:40 WIB
Risiko Konsumsi Kafein Berlebihan pada Awal Kehamilan (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Efek kafein yang dialami ibu hamil akan berlangsung lebih lama, bahkan mungkin dua kali lipat lamanyadibandingkan jika tidak sedang hamil. Nah, berikut ini beberapa risiko mengonsumsi kafein berlebihan pada trimester awal kehamilan, seperti disampaikan oleh dr. Saiful Juhdi, SpOG, RS Pertamedika Sentul City, Bogor:

Baca: Batasi Konsumsi Kafein Saat Hamil

• Denyut jantung dan metabolisme meningkatSistem saraf pusat “dipaksa” untuk bekerja keras. Bahkan, pada saat seharusnya pusat saraf ini beristirahat. Alhasil, akan dibutuhkan suplai oksigen yang berlipat. Efeknya, jantung dirangsang bekerja ekstra untuk memompa darah lebih kencang. Otomatis, denyut jantung pun akan terpacu lebih cepat.

• StresDenyut jantung yang meningkat membuat ibu hamil cenderung lebih gelisah. Efek ini diperparah dengan rasa cemas, bahkan stres lantaran peningkatan hormon epinephrine dan norepinephrine dalam tubuh akibat asupan kafein. Janin pun merasakan hal yang sama alias ikut mengalami stres yang ujung-ujungnya bisa memengaruhi perkembangan janin.

Baca: Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda?

• AnemiaSenyawa fenol dalam kandungan kafein membuat tubuh sulit menyerap zat besi. Padahal, unsur ini sangat dibutuhkan ibu hamil. Apalagi tak sedikit ibu hamil yang mengalami kekurangan kadar zat besi. Alhasil, selain berisiko mengalami anemia, janin pun demikian.

• Sulit tidur atau insomniaKafein juga menimbulkan efek sulit untuk istirahat /tidur, bahkan ibu hamil mengalami insomnia. Dampaknya, ibu hamil lebih cenderung mudah lelah.

Baca: Teh Hijau Tak Baik Untuk Ibu Hamil, Kenapa?

• Radang lambungKafein merangsang produksi asam lambung dengan sangat cepat. Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat radang lambung, tentu kafein dapat menimbulkan masalah kesehatan terkait organ ini. Perut sering terasa perih.

• Risiko dehidrasiKafein memiliki sifat diuretik sehingga dapat meningkatkan kebutuhan untuk berkemih. Efeknya, ibu hamil mungkin saja berisiko dehidrasi, apalagi bila konsumsi kafein berlebihan, misalnya lebih dari 4 cangkir kopi per hari. Kurang cairan juga dapat menimbulkan risiko terjadinya penurunan volume darah dalam tubuh (anemia).

Baca: Sehatkah Bila Anak Terlalu Banyak Minum Teh Manis

• Kurang air ketubanBila ibu hamil mengalami dehidrasi, apalagi karena kebanyakan konsumsi kafein sehingga bolak-balik buang air kecil, maka air ketuban pun akan berkurang. Padahal air ketuban penting untuk menjaga posisi janin di dalam rahim.