Kiat Memilih Obat Sirup yang Aman untuk Anak, Begini Kata Ahli

By Saeful Imam, Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:57 WIB
Ini dia cara memilih obat sirup yang aman bagi anak ()

Nakita.id - Saat ini masyarakat dunia juga tanah air dikejutkan oleh kasus gagal ginjal pada anak.

Penyebabnya diduga terjadi karena konsumsi obat-obatan dalam bentuk sirup yang di dalamnya terdapat kandungan berbahaya.

Gara-gara hal itu, banyak ibu rumah tangga yang parno, hingga cemas karena biasanya obat yang diberikan pada anak memang didominasi dengan obat sirup mengingat anak masih kesulitan untuk meminum obat dalam bentuk kapsul atau tablet.

Di tengah maraknya kasus tersebut, Pakar Farmasi UNAIR, Prof Junaidi Khotib SSi Apt MKes PhD memberikan beberapa tips aman dalam memilih obat pada anak.

Dilansir Nakita,id dari situs resmi unair.id, Prof. Junaidi memaparkan setidaknya terdapat tiga hal yang harus diperhatikan.

Memilih Obat Sirup yang Aman untuk Anak

Beirkut 3 kiatnya yang harus diperhatikan:

Ikuti Informasi Resmi Pemerintah

Seiring dengan maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak, masyarakat dituntut untuk lebih selektif dalam memilih obat yang aman. Prof. Junaidi mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti informasi dan sumber resmi dari pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan BPOM.

“Masyarakat harus mengikuti informasi dan sumber resmi pemerintah, karena yang tahu dan berwenang dalam menentukan hold, penundaan, atau penarikan obat mengandung etilen glikol dan dietilen glikol ‘kan pemerintah. Terlebih lagi sekarang sudah ada listing atau daftar obat-obat yang ditarik, sehingga masyarakat bisa mengacu ke sana, insyaallah aman,” ujarnya.

Jadi, cari obat sirup aman menurut BPOM.

Beralih Sediaan Obat

Selain bentuk sirup, terdapat bentuk sediaan obat lain yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Salah satu bentuk sediaan obat tersebut ialah puyer.

Beralih bentuk sediaan obat, terang Prof. Junaidi, bisa menjadi salah satu opsi aman dalam memilih

Baca Juga: Obat Tradisional Atasi Miss V Gatal dengan Daun Sirih, Ini Caranya