Suka Lakukan Empat Kebiasaan Ini? Bisa Jadi Anda Punya Karakteristik seperti Gen Z!

By Yussy Maulia, Rabu, 25 Januari 2023 | 11:37 WIB
Penggunaan gadget menjadi salah satu karakteristik Gen Z. (Freepik/Maria Ibanez)

Nakita.ID – Generasi Z atau Gen Z dianggap sebagai kelompok usia yang paling “melek” teknologi. Pasalnya, generasi ini lahir di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan internet. Oleh karena itu mereka kerap disebut sebagai digital natives. 

Tak heran, sebagian besar Gen Z lebih mahir dalam menggunakan smartphone, laptop, dan perangkat teknologi lainnya. Mereka juga mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang cepat.

Di kehidupan sehari-hari, Gen Z juga punya berbagai kebiasaan yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Tanpa disadari, mungkin Anda juga sering melakukan kebiasaan ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

Baca Juga: Cara Menghadapi dan Mendidik Anak Remaja, Pentingnya Tahu Apa Itu Pre Frontal Cortex dan Faktor Pubertas yang Mempengaruhinya

  1. Sangat bergantung pada smartphone

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah mengandalkan smartphone di segala kegiatan, mulai dari mencari hiburan, memesan transportasi online, hingga berbelanja.

Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika Gen Z selalu membawa smartphone ke mana saja, termasuk kamar mandi. Di era digital seperti saat ini, Anda bisa jadi juga memiliki kebiasaan ini tanpa disadari. 

  1. Sering ganti gadget

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Biasanya, gadget keluaran terbaru dilengkapi fitur yang lebih bagus dari model sebelumnya sehingga menjadi incaran banyak orang.

Tak heran, banyak Gen Z hobi ganti gadget dalam waktu singkat. Selain untuk mendapatkan gadget dengan kualitas yang lebih baik, kebiasaan ganti gadget dilakukan agar mereka tidak ketinggalan zaman.

Baca Juga: Cara Hemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube, Buka Setting Lalu Pilih Opsi Ini

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempat hits

Kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platform e-commerce maupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.

Sementara ketika ingin mengunjungi tempat hits, Gen Z juga terbiasa mencari berbagai rekomendasi kafe, restoran, dan tempat nongkrong dari berbagai platform di media sosial.

  1. Hobi mengakses banyak media sosial

Apakah Anda punya media sosial? Di tengah pesatnya perkembangan media sosial seperti saat ini, rasanya mustahil hanya mengakses satu atau dua media sosial.

Baca Juga: Moms dan Dads Wajib Tahu, Media Sosial Tidak Selalu Berdampak Negatif, Ketahui Manfaatnya untuk Membentuk Kepribadian Anak

Tak heran, Gen Z pada umumnya hobi membuat banyak akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga media sosial terbaru seperti Mastodon dan Clubhouse.

Bahkan, riset perusahaan perbankan investasi global, Goldman Sachs, mencatat bahwa sebagian besar gen Z menghabiskan lebih dari 10 jam untuk online di akun media sosial mereka.

Selain dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru, platform media sosial tersebut juga kerap digunakan sebagai tempat berkomunikasi, berbagi foto, hingga membuat berbagai konten yang mampu menarik followers maupun viewers.

Agar bisa up to date terhadap berbagai info di media sosial, Gen Z pun ingin selalu terkoneksi dengan dunia digital. Apalagi jika Anda hobi berpindah-pindah aplikasi, tentunya kuota internet yang tak terbatas dibutuhkan.

Untuk menunjang beragam aktivitas selama berselancar di internet, AXIS meluncurkan paket internet baru, yaitu AXIS Warnet Unlimited.

Baca Juga: Berperan Sama dalam Cegah Kejahatan Konten Live di Media Sosial yang Berisiko Menyerang Si Kecil

AXIS Warnet Unlimited

Sesuai namanya, paket ini hadir dengan kuota unlimited dengan masa aktif selama 24 jam. Jadi, ketika kamu mengaktifkan paket ini pukul 10.00 WIB, maka paket ini akan habis di jam yang sama keesokan harinya.

Kabar baiknya, paket #NonstopAntiNgedrop ini bisa dinikmati oleh semua pelanggan AXIS dengan mengaktifkan paketnya di aplikasi AXISNET. Harganya pun tergolong ramah bagi kantong, yakni hanya Rp 3.999 untuk satu kali pembelian.

Untuk meramaikan peluncuran paket ini, AXIS juga berkolaborasi dengan Feel Koplo dalam pembuatan jingle-nya. Penasaran dengan lagu dan informasi lebih lengkap tentang paket ini? Yuk, kunjungi laman AXIS di https://www.axis.co.id/produk/paket-internet/paket-warnet.