Kunci Jawaban Penilaian Pengetahuan Bagian Pilihan Ganda Agama Islam Halaman 232-235 Kelas X Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 25 Januari 2023 | 18:43 WIB
Kunci jawaban halaman 232-235 Agama Islam kelas X Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id - Berikut kunci jawaban halaman 232-235 Agama Islam kelas X Kurikulum Merdeka.

Peserta didik bisa belajar dari sini agar bisa menjawab soal dengan benar.

Tapi perlu diingat, kunci jawaban ini bisa dilihat setelah peserta didik selesai mengerjakan soal halaman 232-235 secara mandiri.

Kunci Jawaban Halaman 232-235 Agama Islam Kelas X Kurikulum Merdeka

1. Sifat seseorang yang mudah tersulut emosi karena tidak senang dengan perlakuan atau perbuatan orang lain disebut dengan….

A. al-hilm

B. syaja’ah

C. ghadhab

D. tahawwur

E. ittiba al-hawa

Jawaban: C

2. Hamzah adalah seorang yang sangat sabar dan tenang setiap kali menghadapi masalah. Haris adalah seorang yang penakut, bahkan cenderung pengecut. Hafidz adalah seorang yang sering marah dengan membabi-buta dan sering merusak barang-barang di sekitarnya. Hakim adalah seorang yang pemberani dan berwatak ksatria. Halim adalah seorang yang pandai mengelola emosinya sehingga selalu tampil kalem dan santun. Dari ilustrasi tersebut, yang memiliki sifat tahawwur adalah….

Baca Juga: Definisi Kontrol Diri dan Implementasinya dalam Kehidupan Sehari-hari, Materi Agama Islam Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

A. Haris

B. Halim

C. Hakim

D. Hafidz

E. Hamzah

Jawaban: D

3. Perhatikan pernyataan berikut!a) Kelelahan yang berlebihanb) Berani mengakui kesalahanc) Berani meminta maaf terlebih dahulud) Kekurangan zat-zat tertentu dalam tubuhe) Pengaruh hormonal jenis kelamin tertentuDari pernyataan tersebut, yang merupakan penyebab munculnya sifat temperamental antara lain ditunjukkan pada pernyataan….

A. a – b – c

B. a – c – d

C. a – d – e

D. b – c – d

Baca Juga: Cara Menghindari Sifat Temperamental (Ghadhab) Serta Manfaat Menghindari Sifat Temperamental Salah Satu yang Tidak Disukai Allah, Materi Agama Islam Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

E. b – d – e

Jawaban: C

4. Berikut ini yang bukan merupakan contoh perilaku mujahaddah an-nafs seorang pelajar di lingkungan sekolah yaitu….

A. Disiplin, patuh dan taat pada aturan serta tata tertib sekolah

B. Menghormati guru dan karyawan sekolah serta menghargai teman

C. Menjaga perilaku hidup sederhana tidak sombong dan tidak gengsi

D. Menghindari tindakan vandalisme atau mencorat-coret pagar sekolah

E. menyembunyikan fakta bahwa ada yang mengikuti ujian dengan curang

Jawaban: E

5. Perhatikan kutipan hadis berikut!

Kutipan hadis

Baca Juga: Definisi Sifat Temperamental (Ghadab), Penyebab dan Tingkatannya Materi Agama Islam Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

Contoh perilaku yang merupakan cerminan dari hadis tersebut dalam kehidupan sehari-hari adalah….

A. berani karena benar, takut karena salah

B. mengatakan kebenaran atas sesuatu, meskipun berisiko

C. menyembunyikan fakta kebenaran, untuk melindungi seseorang

D. berani mengatakan rahasia dan menuduhkannya kepada orang lain

E. berani menyuarakan sesuatu, jika mendapatkan imbalan yang pantas

Jawaban: B

6. Perhatikan tabel berikut!

akhlak madzmumah dan akhlak mahmudah

Pasangan yang benar dari akhlak madzmumah dan akhlak mahmudah tersebut adalah….

A. a - 3, b – 1, c – 2, d – 5, e – 4

Baca Juga: Kunci Jawaban Penilaian Pengetahuan Halaman 201 Bagian Essay Agama Islam Kelas X Kurikulum Merdeka

B. a – 1, b – 2, c – 3, d – 4, e – 5

C. a – 2, b – 3, c – 4, 4 – 5, e – 1

D. a – 4, b – 5, c – 1, d – 2, e – 3

E. a – 5, b – 1, c – 2, d – 3, e – 4

Jawaban: A

7. Manfaat membiasakan sikap syaja’ah bagi diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari adalah….

A. Menciptakan masyarakat yang merasa aman, nyaman dan tenteram

B. Tidak gentar menumpas tindakan kejahatan dan perbuatan kriminal

C. memiliki sikap dewasa dalam menghadapi semua persoalan

D. Tidak takut menghadapi kekurangan dan kemiskinan

E. Tidak takut hidup dalam kesederhanaan

Baca Juga: Manfaat Tawakal Kepada Allah, Materi Agama Islam Kelas X Kurikulum Merdeka

Jawaban: C

8. Kristalisasi pendidikan karakter untuk membentuk sikap syaja’ah memerlukan waktu yang panjang dan peran dari berbagai stake holder terutama catur pusat pendidikan yang terkait, kecuali….

A. Campur tangan utama dari pola asuh dan pola didik dalam keluarga

B. Program-program penguatan karakter yang dilakukan di sekolah

C. Merupakan kewajiban sekolah secara menyeluruh

D. Faktor habituasi dan adat istiadat di masyarakat

E. Kajian dan penguatan di majelis-majelis taklim

Jawaban: C

9. Ridwan adalah seorang siswa kelas X (sepuluh) sebuah SMA. Ia sering bermain dengan teman yang sudah tidak bersekolah di sore dan malam hari. Suatu ketika, teman-temannya mengajak Ridwan untuk pesta minuman keras, tetapi dengan tegas Ridwan menolak dan memilih untuk segera pulang ke rumah. Sikap Ridwan tersebut merupakan contoh perilaku….

A. Al-Hilm

B. Ghadhab

Baca Juga: Hakikat Berharap Kepada Allah (Raja') dan Cara Menumbuhkan Sifat Raja', Materi Agama Islam Kelas X Kurikulum Merdeka

C. Tahawwur

D. Ittiba al-hawa

E. Mujahaddah an-nafs

Jawaban: E

10. Berikut ini merupakan contoh perilaku yang merupakan cerminan dari perilaku syaja’ah bagi seorang pelajar adalah….

A. Ikut-ikutan bergabung dengan kelompok tawuran pelajar

B. Menjadi aktivis dakwah sekolah dengan bergabung di ROHIS

C. Mengikuti unjuk rasa dan demonstrasi yang berujung anarkis

D. Menjadi anggota geng motor dan berani membuat keributan di jalan

E. Mendaftarkan diri untuk menjadi relawan perang di wilayah konflik

Jawaban: B

Baca Juga: Tanda-tanda Takut kepada Allah dan Hakikat Takut kepada Allah (Khauf), Materi Agama Islam Kelas X SMA Kurikulum Merdeka