Peringati Hari Gizi Nasional, Royco Dukung Pemerintah Indonesia untuk Menekan Angka Stunting

By Shannon Leonette, Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:00 WIB
Royco berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia untuk tekan angka stunting demi wujudkan generasi Indonesia Emas 2045 melalui panduan 'Isi Piringku' yang tepat. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Hari Gizi Nasional setiap tahunnya diperingati pada 25 Januari.

Melalui Hari Gizi Nasional 2023 ini, pemerintah masih berupaya untuk menekan angka stunting hingga mencapai 14% pada tahun 2024.

Hari Gizi Nasional 2023 ini juga menjadi momen untuk mendorong pentingnya kolaborasi multisektor untuk menekan angka stunting di Indonesia.

Sebagai informasi, hingga tahun 2022, Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan menunjukkan prevalensi balita stunting berhasil ditekan hingga 21,6%.

Angka ini turun dari angka di tahun sebelumnya yaitu 24,4%.

"Indonesia masih memiliki tiga beban masalah gizi yang dapat menghambat pembangunan kesehatan dan kualitas masyarakat," kata Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan dalam 'Konferensi Pers: Semakin Dekat dengan Generasi Indonesia Emas melalui #KebaikanIsiPiringku dan Program Kampung Keluarga Berkualitas' yang digelar Jumat (27/1/2023).

"Tiga beban ini adalah kekurangan gizi makro seperti protein dan air, kekurangan gizi mikro yang mencakup asupan vitamin dan mineral, serta kelebihan gizi. Selain itu, malnutrisi pada ibu hamil dan balita, serta pola makan yang tidak sehat juga menjadi faktor risiko penyakit dan dapat mempengaruhi capaian pembangunan kesehatan ke depan," terang Menteri Budi.

Sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia, Royco gencar mengedukasi masyarakat mengenai panduan 'Isi Piringku' demi menekan angka stunting.

Menurut dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes., Sp.GK, cara yang paling efektif dalam menurunkan angka stunting adalah dengan edukasi yang mumpuni.

"Perlu diingat bahwa kondisi stunting pada anak tidak bisa berubah, namun kondisi tersebut dapat dicegah," ucap dr. Diana.

"Pola asuh terbaik bagi anak mulai dari masa kehamilan hingga seribu hari pertama kehidupan, sehingga menjadi sangat penting bagi para orang tua, terlebih ibu, untuk menerapkan prinsip gizi seimbang dengan memenuhi asupan energi dan protein, asam lemak dan asam folat, serat, zat besi, serta vitamin dan mineral," jelas dokter spesialis gizi klinik ini.

Baca Juga: Anak Stunting Memiliki IQ yang Lebih Rendah, Bisakah Memiliki Kecerdasan Otak Seperti Anak Lain?