Berikut Manfaat, Waktu Terbaik, dan Cara Lakukan Sleep Training Bayi

By Shannon Leonette, Sabtu, 28 Januari 2023 | 13:00 WIB
Jangan sampai Moms lewatkan sleep training bayi sedini mungkin. Cari tahu apa saja manfaatnya, waktu terbaik, serta cara melakukannya di sini. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Nakita.id - Jangan sampai Moms lewatkan sleep training bayi sedini mungkin.

Pasalnya, pelatihan tidur pada bayi memiliki sederet manfaat yang luar biasa untuk Si Kecil.

Lantas, apa saja manfaatnya?

Melansir dari Smart Sleep Coach, berikut ini beberapa manfaatnya.

4 Manfaat Sleep Training Bayi

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

The Journal of Epidemiology and Public Health merilis sebuah studi yang menemukan bahwa peserta didik dengan jam tidur yang konsisten memiliki performa yang lebih baik di sekolah.

Tak hanya itu, The Japanese Society of Child Neurology juga menemukan bahwa anak usia 18 bulan yang tidur larut malam justru akan mengalami perlambatan peningkatan kemampuan kognitifnya.

2. Mengembangkan Kemampuan Emosional dan Bahasa

Selain kemampuan kognitifnya, sleep training bayi juga terbukti dapat mengembangkan kemampuan emosional dan bahasanya, Moms.

Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi di Sleep Medicine Reviews, dimana rutinitas tidur dapat berkontribusi dalam perkembangan yang sangat positif dan luar biasa.

Mulai dari perkembangan bahasa, peningkatan literasi, regulasi emosi dan sikap, keterikatan hubungan orangtua dan anak, dan lain-lain.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Sebuah studi di Early Human Development menemukan, bayi yang mendapat istirahat cukup akan lebih mudah didekati dan beradaptasi terhadap situasi baru.

Maka dari itu, jangan sampai Moms biarkan Si Kecil tidak mendapat istirahat yang cukup setiap harinya ya.

Baca Juga: Tips Menidurkan Bayi Agar Lelap dan Tidak Sering Bangun di Malam Hari