Dokter Gizi Ini Jelaskan Hubungan Nutrisi dan Kecerdasan Otak Anak, Para Orangtua Wajib Baca untuk Cegah Stunting Sejak Dini

By Shannon Leonette, Selasa, 31 Januari 2023 | 10:42 WIB
Lantas, apa hubungan nutrisi dan kecerdasan otak anak itu sendiri? Simak penjelasannya menurut dokter spesialis gizi klinik ini ya, Moms dan Dads. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Dalam rangka peringati Hari Gizi Nasional setiap 25 Januari, sebagai orangtua, Moms dan Dads perlu memperhatikan asupan gizi yang baik untuk Si Kecil.

Pasalnya, pemberian gizi yang berkualitas tentu sangat berperan dalam tumbuh kembang Si Kecil.

Dengan mendapatkan gizi yang berkualitas, Si Kecil dapat bertumbuh serta berkembang secara optimal dan maksimal, sehingga kelak menjadi anak yang cerdas.

Namun sayangnya, ternyata masih banyak orangtua yang belum memberikan gizi seimbang untuk anaknya sendiri. Khususnya di 1000 hari pertama kehidupannya.

Sebab, 1000 hari pertama kehidupan anak itu memiliki pengaruh yang sangat krusial dalam tumbuh kembangnya, termasuk dalam perkembangan otak.

Jika orangtua gagal memenuhi kebutuhan gizi anak di 1000 hari pertama kehidupan tersebut, anak bisa memiliki efek jangka pendek maupun jangka panjang.

Stunting menjadi salah satu efek jangka panjang yang wajib Moms dan Dads tangani mulai dari sekarang, karena bisa berdampak pada masa depan Si Kecil itu sendiri.

Lantas, apa hubungan nutrisi dengan kecerdasan otak anak itu sendiri?

Yuk, kita intip penjelasan berikut menurut dokter spesialis gizi klinik ini dalam rangkaian acara 'Referenata: Gizi Berkualitas untuk Mencetak Anak yang Cerdas' pada Rabu (25/1/2023).

Hubungan Nutrisi dan Kecerdasan Otak Anak untuk Mencegah Stunting

Menurut dr. Amalia, Sp.GK, nutrisi tentu sangat berkaitan erat dengan kecerdasan otak anak itu sendiri.

Khususnya, dalam peran untuk mencegah stunting sejak dini.

Baca Juga: Pemenuhan Gizi Selama Masa Kehamilan Bisa Mencegah Kelahiran Generasi Stunting