Mengevaluasi Teks Berita, Materi Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas 11

By Amallia Putri, Kamis, 16 Februari 2023 | 17:30 WIB
Ini dia cara mengevaluasi teks berita, materi Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut (Freepik/rawpixel.com)

Nakita.id - Yuk, ketahui soal teks berita yang menjadi materi Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk kelas 11 SMA.

Sudahkah kalian mengetahui soal teks berita?

Hampir setiap hari kita membaca teks berita, baik di koran maupun di media online.

Secara umum, teks berita dapat diartikan sebagai sebuah teks berisi segala peristiwa yang terjadi di seluruh dunia.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa teks berita bisa dibentuk.

Teks berita menggunakan berbagai media untuk melakukan publikasi kepada pembaca.

Mulai dari dalam bentuk koran, majalah, radio, televisi, internet, maupun inovasi media yang lain.

Ada cara tersendiri untuk menganalisis teks berita. Bagaimana caranya?

Mengevaluasi Teks Berita, Materi Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut

1. Konsentrasi

Menyimak pembicaraan secara cermat, dengan mengosentrasikan pikiran.

2. Catat

Sambil menyimak, catatlah gagasan dan pandangan pembicara dalam pembicaraan tersebut.

Untuk itu, sebelum menyimak, sediakan terlebih dahulu alat tulis atau komputer jinjing (laptop) untuk mencatat informasi penting dari simakan.

 Baca Juga: Penjelasan Jenis-jenis Teks Drama, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Bisa juga kalian menggunakan ponsel cerdas untuk merekam simakan agar bisa diputar ulang jika belum jelas hasil simakannya.

3. Memberi Penilaian

Setelah gagasan dan pandangan itu berhasil dicatat, berilah penilaian sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman kalian tentang informasi yang disimak.

Dari segi apa saja penilaian terhadap gagasan dan pandangan itu bisa dilakukan?

Paling tidak, kita dapat menilainya dari segi kualitas dan kredibilitas konten informasi yang disimak.

Pertanyaan yang bisa diajukan untuk mengevaluasi kualitas.

Misalnya apakah pembicaraan pembicara itu mudah dipahami atau berbelit-belit, menyangkut kepentingan orang banyak atau hanya untuk segelintir orang.

Tak hanya itu juga, perlu diketahui apakah ermanfaat atau tidak bagi penyimak.

Dari segi kredibilitas, pertanyaan yang dapat diajukan.

Misalnya apakah berita itu dapat dipercaya dan apakah pembicara menyampaikan beritanya berdasarkan fakta atau berdasarkan opininya sendiri.

Struktur Teks Berita

1. Orientasi Berita

Orientasi berita biasanya dan selalu berada di bagian awal paragraf teks berita, yang mana memiliki fungsi sebagai bagian pembuka.

Orientasi berita sendiri dapat diartikan sebagai bagian dari teks berita yang berisi pengenalan terkait masalah atau peristiwa yang akan dibahas dalam sebuah berita.

Baca Juga: Cara Membuat Teks Eksplanasi, Materi Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

2. Peristiwa

Pada bagian ini, penulis bisa menceritakan dan mendeskripsikan tentang peristiwa atau kejadian kepada pembaca.

Cerita dan penjelasan dapat disajikan secara detail dan lengkap serta sesuai dengan urutan waktu atau kronologis.

Selain itu, informasi yang dijelaskan dan diceritakan oleh penulis telah melalui proses verifikasi sehingga dapat dipastikan kebenaran dan validitasnya. 

3. Sumber Berita

Bagian atau struktur dari teks berita yang ketiga yaitu mencantumkan atau menyebutkan sumber berita.

Secara umum, sumber berita biasanya berasal dari proses wawancara dan aktivitas reportase yang dilakukan oleh reporter atau penulis berita.

Reporter dapat menempatkan bagian sumber berita di awal berita atau bisa juga di akhir berita.

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan sumber berita adalah dengan meliput siaran pers. 

Itulah tadi beberapa hal yang perlu kalian ketahui soal teks berita.

Setelah ini, kalian bisa mengevaluasi teks berita yang ada di media.

Coba ambil satu berita yang ada di media cetak atau media online.

Apa saja informasi yang bisa kalian ambil?

Baca Juga: Kunci Jawaban Kegiatan 1 Halaman 148 Nomor 1-4, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka