Perayaan Hari Dongeng Sedunia 2023, Mengajak Bangkit dan Bergerak Maju Bersama, Bersama Kita Bisa!

By Ruby Rachmadina, Senin, 20 Maret 2023 | 17:33 WIB
Perayaan Hari Dongeng Sedunia 2023, Ayo Dongeng Indonesia ajak berbagai kalangan nikmati beragam cerita. (Ayo Dongeng Indonesia)

Nakita.id – Dalam rangka turut merayakan dan meramaikan Hari Dongeng Sedunia 2023 (HDS 2023), Ayo Dongeng Indonesia kembali mengajak siapa saja, dari berbagai kalangan, usia dan profesi untuk menikmati dan juga berbagi banyak cerita.

Dirayakan di Ruang Aula PDS. HB. Jassin, Perpustakaan Jakarta pada 19 Maret 2023, masyarakat di seluruh Indonesia juga tetap bisa menikmatinya melalui siaran langsung di kanal YouTube Ayo Dongeng Indonesia.

Dengan tema "Together We Can", perayaan Hari Dongeng Sedunia 2023 ini diharapkan menjadi momen kolaborasi dan gerakan mengajak bangkit dan bergerak maju bersama, saling menyemangati dan mendukung antara orang tua dan pegiat literasi anak di Indonesia, karena dengan bersama-sama kita bisa membangun imajinasi anak sebagai media komunikasi dan media belajar.

Karena itu, serangkaian Dongeng Kejutan akan diadakan dengan semangat kolaborasi yang tidak hanya menyuguhkan dongeng dari para Penjaga Mimpi Ayo Dongeng Indonesia namun juga mengajak beberapa komunitas dongeng lainnya, seperti Komunitas Dongeng Kota Hujan (KDKH), Kurcaci Dongeng, Klub Dongeng, dan Cerita Ulat.

Dalam kolaborasi penuh semangat kebersamaan ini, akan ditampilkan dongeng-dongeng seru dengan format mendongeng bersama, baik dua pendongeng atau lebih dalam satu cerita dongeng.

Tak kalah asyiknya, dalam Dongeng Kejutan tersebut juga akan ditampilkan video-video pemenang Tantangan Dongeng yang telah diselenggarakan Ayo Dongeng Indonesia sejak awal Maret 2023 di sosial media.

“Perayaan Hari Dongeng Sedunia ini diharapkan dapat menjadi salah satu pengingat bahwa banyak hal baik yang terjadi jika kita lakukan bersama. Karena energi positif dan bahagia akan menyebar dengan cepat dan melekat sehingga kita selalu dapat mengingat hal baik dari segala peristiwa yang terjadi di dunia belakangan ini,” Ujar Kak Tiwi selaku Ketua Ayo Dongeng Indonesia.

Sebagai komitmen untuk mengembangkan pengetahuan dan teknik mendongeng yang kita persembahkan untuk anak-anak kita, dalam kesempatan perayaan Hari Dongeng Sedunia 2023, Ayo Dongeng Indonesia juga mempersembahkan Kelas Dongeng yang kali ini mengangkat topik hubungan dongeng dengan neurosains, yaitu Teknik Suara Pendongeng dari Perspektif Fungsi Otak Anak Sebagai Pendengar.

Kelas Dongeng ini membidik orang dewasa yang bersinggungan dengan kegiatan mendongeng atau story telling kepada anak-anak, baik sebagai pendongeng, pendidik, peneliti, dan –tentu saja– orang tua sebagai figur yang paling dekat dengan anak.

Kelas Dongeng ini menghadirkan Anne Gracia, pakar neurosains terapan serta penggagas neurosains pendidikan, yang akan diikuti workshop mendongeng oleh Kak Rika.

Beliau adalah pendongeng yang telah lebih dari satu dekade berkecimpung dalam dunia dongeng dengan mendongeng untuk berbagai usia di banyak daerah di Indonesia.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Menidurkan Anak Salah Satunya dengan Cara Mendogeng