Tips Menjaga Luka Jahitan Bekas Caesar Tidak Gatal dan Cepat Kering

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 4 April 2023 | 12:57 WIB
Cara menjaga bekas luka jahitan caesar agar tidak gatal dan cepat kering (Pixabay.com)

Nakita.id - Setelah menjalani operasi caesar yang harus dilakukan adalah menjaga luka bekas jahitan agar tidak gatal dan bisa cepat kering.

Tapi bagaimana caranya? Tenang, Moms bisa ikuti cara di bawah ini agar luka jahitan caesar tidak gatal dan cepat kering.

Bagaimana Cara Menjaga Luka Jahitan Bekas Caesar Tidak Gatal dan Cepat Kering?

1. Perbanyak Istirahat

Sibuk merawat bayi baru lahir setelah persalinan sambil mengerjakan pekerjaan rumah mungkin bisa membuat Moms merasa kelelahan dan kurang tidur. Namun, jangan sampai melewatkan waktu istirahat ya, Moms.

Sebab, istirahat yang cukup dan mengurangi aktivitas fisik dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Jadi, setiap ada celah waktu untuk istirahat, lebih baik pergunakan waktu luang ini untuk tidur, ya!

2. Sering-Sering Ganti Posisi

Walaupun Moms disarankan untuk membatasi aktivitas fisik, bukan berarti Moms harus diam saja di tempat tidur atau sofa rumah.

Cobalah bergerak sedikit demi sedikit, seperti berpindah posisi dari berbaring atau duduk menjadi berdiri. Moms juga bisa berjalan di sekitar rumah secara perlahan.

Latihan fisik ini ternyata dapat meningkatkan aliran darah ke area panggul sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan, sekaligus mengurangi risiko Moms mengalami trombosis vena dalam (penggumpalan darah yang terjadi di dalam pembuluh darah vena bagian dalam) pasca persalinan.

Tapi, jika ingin berolahraga, Moms perlu bersabar terlebih dulu sampai dokter mengizinkan Moms sudah boleh berolahraga dan menjalani aktivitas fisik seperti biasa.

Nantinya bila sudah terbiasa dan sedikit lebih kuat, mulailah berjalan-jalan di sekitar komplek rumah sambil membawa si Kecil.

3. Rutin Bersihkan dan Keringkan Luka

Supaya tidak menjadi sarang pertumbuhan bakteri, area bekas luka jahitan perlu rutin dibersihkan.

Baca Juga: Jangan Lagi Kompres Es untuk Kurangi Nyeri, dan Mitos Luka Sesar Lain yang Tak Perlu Moms Percaya