Menelaah Tafsir Q.S al-Maidah/5:48, Materi Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Jumat, 5 Mei 2023 | 14:00 WIB
Penjelasan Tafsir Q.S al-Maidah/5:48 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas X kurikulum merdeka (Freepik)

Nakita.id - Pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/SNK kelas X, ada bahasan mengenai Q.S. al-Maidah/5: 48.

Peserta didik diminta membaca Q.S. al-Maidah/5: 48 lalu memahami terjemahannya.

Berikut bacaan Q.S. al-Maidah/5: 48 beserta terjemahannya:

Q.S. al-Maidah/5: 48

“Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan.” (Q.S. al-Maidah/5: 48).

Selanjutnya, peserta didik diminta menyalin tafsir Q.S. al-Maidah/5: 48 dalam kitab tafsir Al-Qur'an Kementerian Agama dan kitab tafsir lainnya.

Lalu, bandingkan dan lakukan analisa.

Menurut tafsir al-Misbah, Q.S. al-Maidah/5: 48 mengandung pesan-pesan mulia sebagai berikut:

1. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt. dengan haq (kebenaran), yakni haq dalam kandungannya, cara turunnya, maupun yang mengantarnya turun (Jibril a.s.).

2. Kitab Al-Qur’an berfungsi membenarkan kitab-kitab sebelumnya, yakni Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., dan Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s.

Dalam hal ini Al-Qur’an adalah muhaimin terhadap kitab-kitab terdahulu karena ia menjadi saksi atas kebenaran kandungan kitab-kitab terdahulu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Agama Islam Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 173 Essay