Kisaran Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit dan Perawatannya

By Diah Puspita Ningrum, Jumat, 19 Mei 2023 | 15:30 WIB
Biaya cabut gigi di Puskesmas, klinik dan rumah sakit (Nakita.id/Naura)

Nakita.idCabut gigi adalah prosedur yang dilakukan oleh dokter gigi untuk mengeluarkan gigi yang rusak atau tidak dapat diselamatkan.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya cabut gigi, seperti lokasi geografis, kompleksitas prosedur, jenis gigi yang akan dicabut, serta kebijakan harga dari praktik dokter gigi yang berbeda.

Biaya cabut gigi juga dapat bervariasi tergantung pada apakah Moms memilih untuk melakukan cabut gigi biasa atau dengan bantuan teknik khusus seperti bedah oral.

Penting untuk menghubungi dokter gigi atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat sesuai dengan situasi Moms.

Selain biaya utama prosedur, perlu diingat bahwa setelah cabut gigi, mungkin diperlukan biaya tambahan untuk konsultasi pasca operasi, obat pereda nyeri, dan perawatan pasca operasi lainnya.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang unik, dan biaya cabut gigi dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan gigi individu dan kompleksitas prosedur yang diperlukan.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau fasilitas kesehatan yang kompeten untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang biaya cabut gigi sesuai dengan kebutuhan.

Jika Moms berniat mencabut gigi, kenali perbandingan biayanya di rumah sakit, puskesmas dan klinik gigi seperti dilansir dari berbagai sumber.

Biaya Cabut Gigi

1. Puskesmas

Moms bisa mendapatkan pelayanan cabut gigi di Puskesmas secara gratis dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Namun jika kalian menggunakan jalur mandiri, tarif cabut gigi di Puskesmas masih terbilang murah.

Baca Juga: Biaya Cabut Gigi di Puskesmas 2023 dan Syarat yang Harus Dibawa