Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2023, Berikut Jenis Olahraga yang Disarankan Ahli

By Shannon Leonette, Selasa, 30 Mei 2023 | 16:50 WIB
Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional 2023 pada Senin kemarin (29/5/2023), yuk cari tahu apa saja jenis olahraga lansia yang direkomendasikan ahli berikut ini. (Freepik.com)

Nakita.id - Tanggal 29 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional.

Di Hari Lanjut Usia Nasional 2023 kemarin (29/5/2023), Nestlé Health Science (NHS) Boost Optimum bersama dengan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) meluncurkan Gerakan Senam Sehat Lansia.

Selain itu, ada pula sesi talkshow yang dihadiri oleh banyak pakar yang mendukung pentingnya beraktivitas secara rutin bagi lansia di Hari Lanjut Usia Nasional 2023 ini.

Salah satunya Minati Atmanegara yang menyampaikan rekomendasi olahraga lansia yang cocok dicoba mulai dari sekarang.

Ini Dia Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Menurut Minati, salah satu olahraga yang bisa dicoba untuk para lansia adalah senam.

"Saya kebetulan memang ada studio, dimana saya yang memimpin senam khusus wanita. Untuk semua usia, termasuk lansia," kata Minata dalam Jumpa Pers: Nestlé Health Science Luncurkan Gerakan Senam Sehat Lansia bersama PERGEMI.

"Pergerakannya kurang lebih sama, walau ada perkembangan-perkembangan gerak. Tetapi, betul-betul sesuai dengan kemampuan masing-masing," lanjut publik figur sekaligus motivator kesehatan ini.

Atau, dalam arti lain, tak ada satu pun gerakan yang memang harus dipaksakan terhadap seseorang.

"Karena ini sifatnya sangat individual, tergantung aktivitas dia setiap hari, apa yang biasa dia lakukan. Jadi, kita harus betul-betul menyesuaikan diri untuk pergerakannya," terang Minati.

Minati menyampaikan, di studio miliknya terdapat kegiatan senam body performance yang rutin diberikan dan betul-betul disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu.

Aktivitas yang Sebaiknya Dilakukan di Pagi Hari?

Minati bercerita bahwa dirinya melakukan olahraga kecil-kecilan setiap paginya selama 30-60 menit.

Baca Juga: Kenali Kegiatan Posyandu Lansia dan Penyuluhan yang Didapatkan