5 Ujian Keimanan, Materi Pendidikan Agama Islam SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Jumat, 7 Juli 2023 | 13:45 WIB
Penjelasan ujian keimanan materi Pendidikan Agama Islam SMA kelas X kurikulum merdeka (Freepik/marymarkevich)

Nakita.id - Pada bab 2 materi Pendidikan Agama Islam SMA kelas 10 kurikulum merdeka, dibahas mengenai keimanan.

Kali ini, akan dibahas mengenai ujian keimanan.

Menurut Abu Bakr bin Laal, berdasarkan hadis tersebut setidaknya ada lima ujian keimanan yang dihadapi oleh orang-orang mukmin.

5 Ujian keimanan menurut Abu Bakr bin Laal

1) Mukmin yang saling mendengki

Kecenderungan sebagian masyarakat yang iri dan dengki apabila melihat orang lain mendapatkan kenikmatan, merupakan sumber munculnya sikap hasud.

Di mana kemudian seseorang tersebut akan melakukan berbagai cara agar kenikmatan yang diperoleh oleh orang lain tersebut menjadi hilang dan berpindah kepadanya.

Sifat hasud ini juga timbul dari kesombongan yang dimiliki oleh seseorang, sehingga ia merasa khawatir apabila ada orang lain yang lebih hebat darinya.

Sehingga tidak jarang, sengaja diciptakanlah fitnah dan adu domba untuk menjatuhkan mukmin lainnya.

Contoh di kehidupan:

Persaingan politik atau persaingan bisnis yang tidak sehat tidak jarang menimbulkan keinginan untuk menjatuhkan lawan dengan cara-cara yang tidak benar.

Tidak sedikit yang kemudian menciptakan berita bohong atau hoax, menebar kebencian atau hate speech kepada lawan politik atau saingan bisnisnya, sehingga hilanglah simpati publik kepada lawan dan sebaliknya ia yang akan mendapat keuntungan.

2) Kaum munafik yang membenci kaum mukmin

Orang munafik, adalah orang yang bermuka dua.

 Baca Juga: Lengkap! Kunci Jawaban Aktivitas 2.4 Halaman 37, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Kurikulum Merdeka