BKKBN dan DKT Indonesia Luncurkan Kampanye #AyoPasangIUD untuk Mendorong Perencanaan Keluarga dan Jarak Kelahiran

By Poetri Hanzani, Senin, 10 Juli 2023 | 09:43 WIB
Kampanye #AyoPasangIUD menyoroti keunggulan penggunaan IUD untuk setiap kelompok ibu. (Pexels / Anastasiya Gepp)

Nakita.id - Merencanakan dan mengatur jarak kehamilan tentunya sangat penting dilakukan.

Salah satu cara yang terbaik adalah dengan melakukan program keluarga berencana.

DKT Indonesia BKKBN, #AyoPasangIUD.

Inisiatif ini menargetkan empat target ibu yang berbeda, termasuk ibu muda, ibu menyusui, ibu yang tidak ingin menambah anak lagi, dan ibu dengan kondisi medis khusus. 

menyatakan  harapannya terhadap kampanye ini.

"Kami berharap kampanye ini dapat mendorong para ibu di Indonesia untuk menggunakan IUD dan meningkatkan jumlah peserta yang menggunakan MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) di Indonesia. Saat ini, hanya 7% perempuan di Indonesia yang menggunakan IUD sebagai metode perencanaan keluarga. Padahal, IUD sangat dianjurkan untuk  merencanakan jarak kelahiran karena berbagai manfaatnya." 

dr. Eni Gustina, MPH