Nakita.id - Merencanakan dan mengatur jarak kehamilan tentunya sangat penting dilakukan.
Salah satu cara yang terbaik adalah dengan melakukan program keluarga berencana.
DKT Indonesia BKKBN, #AyoPasangIUD.
Inisiatif ini menargetkan empat target ibu yang berbeda, termasuk ibu muda, ibu menyusui, ibu yang tidak ingin menambah anak lagi, dan ibu dengan kondisi medis khusus.
menyatakan harapannya terhadap kampanye ini.
"Kami berharap kampanye ini dapat mendorong para ibu di Indonesia untuk menggunakan IUD dan meningkatkan jumlah peserta yang menggunakan MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) di Indonesia. Saat ini, hanya 7% perempuan di Indonesia yang menggunakan IUD sebagai metode perencanaan keluarga. Padahal, IUD sangat dianjurkan untuk merencanakan jarak kelahiran karena berbagai manfaatnya."
dr. Eni Gustina, MPH
Kampanye #AyoPasangIUD menyoroti keunggulan penggunaan IUD untuk setiap kelompok ibu:
Ibu Muda
Selain itu, IUD dapat dilepas kapan saja, sehingga para ‘Ibu muda’ dapat segera merencanakan kehamilan berikutnya tanpa perlu menunggu tubuh penyesuaian hormon kembali karena sifatnya yang non-hormonal.
Ditambah lagi, IUD merupakan kontrasepsi praktis sehingga tidak memerlukan bolak-balik ke klinik.
Tonton video iklan lengkapnya di sini: https://www.youtube.com/watch?v=BXEnnAA865w
Ibu Menyusui
Ibu yang Tidak Ingin Menambah Anak (Tutup Pabrik)
Cukup satu kali pasang, ibu akan mendapatkan perlindungan selama bertahun tahun.
Selain itu, IUD tidak mengganggu kenaikan berat badan. Hal ini memungkinkan para ibu fokus pada keluarga serta karier mereka secara maksimal.
Tonton video iklan lengkapnya di sini: https://www.youtube.com/watch?v=H2pUowF9PPM
Ibu dengan Kondisi Medis Khusus
Untuk memaksimalkan jangkauan kampanye #AyoPasangIUD, DKT Indonesia akan menayangkan iklan televisi ini di stasiun televisi nasional Indonesia serta platform media sosial, termasuk Instagram, TikTok dan Youtube @andalankontrasepsi dan @halodkt.
Selain itu, DKT Indonesia
dan