Unik dan Beragam, Ini Macam-macam Motif Batik Indonesia yang Perlu Moms Tahu

By Yussy Maulia, Jumat, 28 Juli 2023 | 20:32 WIB
Macam-macam motif batik di Indonesia. (Shutterstock)

 

Nakita.IDBatik merupakan salah satu pakaian tradisional Indonesia. Uniknya, masing-masing daerah memiliki motif batik yang khas dan mengandung makna tersendiri.

Tahukah Moms? Penelitian Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya pada 2015 menunjukan ada 5.849 motif batik di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Keragaman batik pun mendapatkan penghargaan sebagai warisan budaya lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009.

Dulu, batik umumnya digunakan saat kegiatan formal, seperti acara pernikahan, rapat kantor, atau kegiatan di institusi pendidikan.

Namun, seiring perkembangan zaman, batik kini berevolusi menjadi pakaian dengan tampilan yang lebih modern, sehingga cocok digunakan untuk pakaian sehari-hari.

Koleksi batik Indonesia dengan motif yang unik dan kekinian dapat dilihat di Bazaar Batik. Kehadiran bazaar online ini dilakukan untuk mempertahankan tradisi Nusantara yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Nah, agar tidak bingung memilih batik favorit Moms di Bazaar Batik Blibli, yuk kenali dahulu macam-macam motif batik di Indonesia.

1. Batik Parang Kusumo

Batik Parang Kusumo merupakan jenis batik populer yang berasal dari Solo. Kepopulerannya sudah terkenal di Indonesia maupun ranah internasional.

Batik jenis ini memiliki motif ombak di lautan yang menghantam terumbu karang. Filosofi motif ini adalah setiap manusia harus berjuang untuk mencapai tujuan hidup yang diinginkan.

2. Batik Mega Mendung

Mega Mendung merupakan motif yang berasal dari Cirebon. Ciri khas batik ini adalah motifnya yang digambarkan menyerupai kumpulan awan.