Penting Dibaca! Manfaat ASI untuk Mencegah Stunting pada Bayi Menurut BKKBN

By Shannon Leonette, Rabu, 9 Agustus 2023 | 08:11 WIB
Moms wajib tahu apa peran ASI untuk mencegah stunting pada bayi sejak dini menurut BKKBN. Jangan sampai lewatkan! (Freepik)

Nakita.id - Apa saja peran ASI untuk mencegah stunting?

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi, khususnya secara eksklusif selama enam bulan, tentu memilifi efek yang sangat signifikan.

Terutama, pemberian ASI eksklusif dapat mencegah stunting pada bayi.

Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K).

"Ini menunjukan bahwa upaya enam bulan pertama itu serius sekali untuk betul-betul ASI eksklusif menjadi suatu jawaban mengkoreksi kekurangan-kekurangan bayi baru lahir, salah satunya enam bulan pertama adalah harus dengan ASI eksklusif," ungkap Dr. Hasto, seperti dikutip dari laman resmi BKKBN.

Dr. Hasto juga menyampaikan, berdasarkan data yang ada, rata-rata seorang ibu sukses melakukan ASI eksklusif masih sekitar 65%.

Bahkan menurut data UNICEF dan WHO, hanya 41% yang mendapatkan ASI eksklusif di bawah enam bulan.

Sementara itu, bayi lahir prematur dan panjang kurang dari 48 sentimeter berdasarkan data riset kesehatan dasar 2018 masih tinggi jumlahnya yakni 29%.

"Kemudian yang berat badannya yang kurang dari 2,5 kg masih 11 persen lebih," ujar Dr. Hasto.

Untuk itulah, sebagai seorang ibu, Moms harus sering-sering menyusui kepada bayi untuk mendukung tumbuh kembangnya dan mencegah stunting.

Terutama, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama sejak bayi lahir.

Baca Juga: Cara Menghangatkan ASI dari Kulkas yang Benar, Hindari Kesalahan Berikut ya, Moms!