Taman Burung Jagat Satwa Nusantara TMII Sudah Dibuka, Cocok Jadi Destinasi Liburan 17 Agustus

By Nita Febriani, Senin, 14 Agustus 2023 | 10:27 WIB
Wajah baru Taman Burung Jagat Satwa Nusantara TMII (dok.Jagat Satwa Nusantara)

Nakita.id - Menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 RI, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara telah menyelesaikan proses revitalisasinya.

Taman Burung yang berlokasi di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini siap menerima kunjungan dari masyarakat pada hari Kamis, 17 Agustus 2023.

Salah satu daya tarik utama Taman Burung Jagat Satwa Nusantara adalah koleksi burung endemik yang luar biasa.

Pengunjung akan memiliki kesempatan langka untuk melihat berbagai macam spesies burung endemik, khususnya Burung Elang Jawa, Burung Merak Hijau, dan Burung Undan Kacamata.

Dengan keberadaan 218 spesies burung yang berjumlah 2.000 ekor burung, taman ini menjadi surga bagi para pecinta alam dan penggemar burung.

Dari jumlah 2.000 ekor burung, terdapat 1.500 ekor yang tersebar di seluruh area wahana Taman Burung Jagat Satwa Nusantara dan 500 ekor yang sedang dalam masa habituasi.

Taman Burung Jagat Satwa Nusantara memiliki dua kubah yang membagi spesies burung berdasarkan wilayah asalnya, Wallacea & Sahul–untuk spesies burung dari wilayah Indonesia Timur dan Sunda Besar–untuk spesies burung dari wilayah Indonesia Barat.

Terdapat juga Amphitheatre Maleo, disini pengunjung dapat menyaksikan atraksi sekaligus media edukasi, Bird Show.

Selain itu, ada juga Raptor Free Flight Experience, yaitu pengunjung dapat merasakan pengalaman luar biasa dengan Burung Elang terbang dengan indah dari jarak sekitar 60 meter di atas sungai buatan yang akan mendarat dengan anggun di tangan pengunjung.

Selain sebagai tempat konservasi satwa dan wisata edukasi, Taman Burung Jagat Satwa Nusantara juga menawarkan pengunjung untuk merasakan sensasi unik menikmati hidangan makanan dan minuman di dalam Gua Bantimurung yang menakjubkan.

Taman ini juga sangat ramah untuk teman-teman penyandang disabilitas.

Baca Juga: Wajah Baru TMII Setelah Selesai Direvitalisasi, Terapkan Destinasi Wisata yang Ramah Lingkungan dan Nyaman untuk Keluarga Indonesia