Apa Saja Tantangan Ketika Menyusui? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya!

By Shannon Leonette, Kamis, 24 Agustus 2023 | 21:03 WIB
Moms ini bagikan beberapa tantangan menyusui yang pernah dihadapinya, termasuk solusi mengatasinya. Jangan sampai lewatkan ya, Moms. (Nakita.id)

Nakita.id - Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week diperingati setiap tahunnya tanggal 1-7 Agustus.

Melalui rangkaian Pekan ASI Sedunia ini, para Moms diingatkan kembali akan pentingnya menyusui selama 2 tahun bagi busui maupun bayi. Khususnya, pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan yang tak kalah pentingnya untuk tumbuh kembang bayi secara optimal.

Meski begitu, Moms tentu tak jauh-jauh dari yang namanya tantangan selama masa menyusui.

Memang awalnya terasa sulit dijalani, tapi Moms tak perlu khawatir karena tantangan tersebut bisa diatasi dengan mudah. Seperti yang dilakukan oleh salah satu Moms ini.

Tantangan selama Masa Menyusui

Novi Chrisna Dewi membagikan salah satu tantangan terberat yang pernah dialaminya selama masa menyusui.

Novi Chrisna Dewi adalah seorang karyawan swasta di salah satu perusahaan di Jakarta. Akrab disapa Novi, dirinya membagikan pengalamannya selama masa menyusui.

"Bayi saya alergi dengan obat yang saya konsumsi saat saya sakit," cerita perempuan yang akrab disapa Novi saat dihubungi eksklusif oleh Nakita, Jumat (18/8/2023).

Sebagai solusinya, Novi yang adalah karyawan swasta salah satu perusahaan di Jakarta ini memilih untuk berhenti mengonsumsi obat tersebut agar sang buah hatinya tidak alergi.

"Selain itu, saya juga menjaga kesehatan dengan menambah asupan buah dan sayur, sekaligus beristirahat yang cukup," tambahnya.

Tak sampai di situ. Berhubung Novi adalah seorang ibu pekerja, selama menyusui di kantor menurutnya sejauh ini belum ada kendala.

"Kendala menyusui waktu bekerja sejauh ini belum ada.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri dr. Margaret Mutiaratirta Sugondo, Termotivasi Menjadi Konselor Laktasi karena Ingin Membantu Para Ibu yang Kesulitan Menyusui