Pentingnya Sikap Kontrol Diri, Contoh dan Hikmahnya dalam Kehidupan, PAI Kelas X Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 31 Agustus 2023 | 17:14 WIB
Pentingnya sikap kontrol diri (Freepik)

Nakita.id - Berikut ini ringkasan materi PAI kelas X dalam Kurikulum Merdeka.

Sub materi yang diajarkan dalam halaman tersebut adalah pentingnya sikap kontrol diri, contohnya dalam kehidupan, hingga hikmah yang bisa diambil dari sikap kontrol diri.

Dalam agama Islam, kontrol diri diistilahkan dengan mujahadah an nafs.

Kontrol diri sama dengan pengendalian menghadapi hawa nafsu, emosi, dan hal lain yang nantinya berdampak buruk.

Arti Mujahadah menurut bahasa adalah perang,menurut aturan syara’ adalah perang melawan musuh musuh Allah SWT, dan menurut istilah ahli hakikat adalah memerangi nafsu amarah bis-suu’ dan memberi beban kepadanya untuk melakukan sesuatu yang berat baginya yang sesuai dengan aturan syara’ (agama).

Pentingnya Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan

Kontrol diri mutlak diperlukan dalam membangun harmonisasi dan kehidupan sosial.

Kontrol diri akan menuntun manusia untuk lebih bijaksana, menempatkan seseorang pada posisi yang layak dihormati dan menjauhi tindakan-tindakan agresif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Berikut ini merupakan alasan pentingnya pengendalian diri bagi seorang muslim yaitu:

a) Menjaga kehormatan diri

Seseorang dengan sense of dignity atau kepekaan terhadap harga diri dan martabat dirinya yang rendah, biasanya juga memiliki kontrol diri yang rendah.

Seorang yang memiliki martabat yang tinggi, akan menjaga dan mengendalikan setiap tutur kata, perilaku dan tindakannya agar tidak menyakiti orang lain.

Baca Juga: Membiasakan Perilaku Kontrol Diri, Mulai dari Artinya hingga Implementasinya dalam Kehidupan Sehari-hari, PAI Kelas X Kurikulum Merdeka