Indonesia Numismatic Show Kembali Hadir di Mal Ciputra Jakarta, Ajak Masyarakat Belajar Sejarah Uang di Indonesia

By Shannon Leonette, Jumat, 1 September 2023 | 18:19 WIB
Sukses dengan pameran pertamanya pada Maret 2023, Mal Ciputra Jakarta kembali bekerja sama dengan Masyarakat Numismatik Indonesia (MNI) mengadakan INS 2 - MONETARIUM. Berikut berita selengkapnya. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Sukses mengadakan pameran pertamanya pada Maret 2023, Mal Ciputra Jakarta kembali bekerja sama dengan Masyarakat Numismatik Indonesia (MNI) mengadakan Indonesia Numismatic Show 2 (INS 2).

Pameran Indonesia Numismatic Show 2 (INS 2) merupakan pameran numismatik terbesar di Indonesia yang berlangsung sejak 31 Agustus 2023 hingga 3 September 2023.

Selain itu, Indonesia Numismatic Show 2 (INS 2) juga menggandeng Monetarium, perusahaan lelang asal Singapura, sebagai sponsor utama.

Sehingga, pameran kali ini diperkenalkan dengan nama INS 2 - MONETARIUM.

Fokus pada pameran INS yang kedua ini adalah untuk unjuk kebolehan numismatik Indonesia di kancah internasional.

Tidak berhenti di situ, INS 2 berhasil menggaet lebih dari 60 tenant untuk hadir mengikuti rangkaian acara, dengan lebih dari 10 tenant internasional yang berasal dari Hong Kong, Belanda, Swedia, Malaysia, Singapura, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Rusia, Australia, Vietnam, Romania, dan Ukrania.

"Kami menangkap semangat dan antusias yang tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap numismatik melalui kegiatan INS ini. Ternyata tidak hanya dari lokal, semangat yang besar juga datang dari dunia Internasional," ujar Ketua Umum MNI Sunardji di acara Opening Event INS 2 - MONETARIUM, Jumat (1/9/2023).

Sementara itu, Marketing Manager Mal Ciputra Jakarta Silvia menyampaikan, pameran INS 2 - MONETARIUM ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi sejarah bagi para pengunjung dan masyarakat pada umumnya untuk lebih mengenal cerita dibalik uang koin dan uang kertas yang beredar baik di Indonesia dan dunia.

"Melalui event ini juga kami ingin memberikan pengalaman edukatif dan atraktif untuk para pengunjung setia," ucap Silvia.

Selain pameran, di sekitar area pameran INS 2 - MONETARIUM juga disediakan panel edukasi yang bertujuan untuk mengedukasi pengunjung tentang sejarah numismatik di Indonesia.

Panel diskusi ini menghadirkan beragam alat tukar di Indonesia, baik berupa koin logam hingga uang kertas, mulai dari zaman kerajaan hingga emisi terbaru.

Baca Juga: Cara Menyimpan Uang di Rumah Agar Tidak Dimakan Rayap, Begini Seharusnya