BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Senin 4 September 2023, Berikut Daftar Wilayahnya yang Terdampak Hujan hingga Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 4 September 2023 | 08:54 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem Senin 4 September 2023 (Freepik.com)

Nakita.id - Berikut peringatan cuaca ekstrem dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada hari ini, Senin 4 September 2023.

Dikutip dari bmkg.go.id, cuaca ekstrem terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Menurut laporan informasi terbaru dari BMKG, cuaca ekstrem terjadi di 16 wilayah di Indonesia.

Terdapat 7 wilayah lainnya akan berpotensi terjadi hujan lebat, disertai kilat dan angin kencang. Sementara, 9 wilayah lainnya mengalami potensi cuaca ekstrem angin kencang.

Hal ini karena daerah Pertemuan/Perlambatan Kecepatan Angin (Konvergensi).

Konvergensi terpantau memanjang dari perairan barat Sumatera Utara hingga Selat Malaka.

Selain itu, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, di Jawa Tengah, di Laut Jawa, di Laut Natuna juga terjadi kecepatan angin memanjang.

Konvergensi juga terpantau dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, di Laut Sulawesi, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah. Di Maluku Utara, di Maluku, dan dari Papua hingga Papua Barat juga berpotensi mengalami pertemua atau perlambatan kecepatan angin.

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Riau

Baca Juga: Alam Jadi Murka? BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Sabtu 2 September 2023, Wilayah Ini yang Kena Dampaknya