Faktor Pembentuk Sikap Berani Membela Kebenaran dalam Kehidupan dan Hikmahnya, Rangkuman PAI Kelas X Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 4 September 2023 | 17:07 WIB
Faktor pembentuk sikap berani membela kebenaran dan hikmahnya, PAI kelas X SMA Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id - Berikut ini ringkasan materi PAI kelas X dalam Kurikulum Merdeka.

Kali ini, materi yang akan dibahas adalah faktor pembentuk sikap berani membela kebenaran dan hikmahnya dalam kehidupan sehari-hari.

Berani dalam Islam sering disebut dengan istilah syaja’ah. Apa itu? Selengkapnya simak di sini.

Menurut bahasa, syaja’ah berarti berani atau gagah.

Sedangkan arti syaja’ah menurut istilah adalah keteguhan hati, kekuatan pendirian untuk membela kebenaran dengan cara yang ksatria dan terpuji.

Syaja’ah merupakan suasana bathiniah seseorang yang direalisasikan dalam sikap lahiriah untuk berani mengambil tindakan dengan penuh keyakinan dan siap dengan segala risikonya.

Keputusan untuk berani mengambil tindakan ini harus dilandaskan pada kebenaran dan keadilan, sesuai dengan norma agama, adat istiadat maupun hukum positif yang berlaku, agar mendapatkan rida dari Allah Swt.

Orang yang disebut dengan pemberani adalah orang yang tidak takut menghadapi apa pun demi membela kebenaran dan siap menerima risiko apa saja serta senantiasa takut untuk berbuat kesalahan.

Sedangkan, yang disebut dengan penakut adalah orang yang justru merasa takut untuk membela kebenaran.

Padahal, agama mengajarkan kepada setiap muslim untuk menjadi pembela kebenaran dan tidak takut terhadap apa pun kecuali kepada Allah SWT.

Dalam hal menyampaikan dan menegakkan kebenaran Rasulullah SAW. adalah teladan terbaik.

Baca Juga: Definisi Berani Membela Kebenaran dan Implementasi dalam Kehidupan, Rangkuman Materi PAI Kelas X Kurikulum Merdeka